Pemkab Ciamis Serahkan 2 BUMD ke Pangandaran

BUMD
Penyerahan dua BUMD dari Kabupaten Ciamis ke Pemkab Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis secara resmi menyerahkan dua aset sekaligus yang merupakan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) kepada Pemkab Pangandaran. Dua asset tersebut adalah Perusahaan Daeran Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) BKPD dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Senin (15/7/2019).

Penyerahan dua Perusda tersebut setelah kurang lebih 7 tahun belum ada kepastian setelah Pangandaran berpisah dari Kabupaten Ciamis. Selain itu, penyerahan ini sebagai tindak lanjut dari amanat UU Nomor 21 tahun 2012 tentang Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran terkait aset.

Pantauan Koran HR, pada acara penandatanganan serah terima kedua BUMD di salah satu hotel di Pangandaran tersebut oleh Bupati Ciamis dan Bupati Pangandaran, juga dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Bupati Ciamis, Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran, serta para pejabat dan pimpinan DPRD Ciamis serta Pangandaran.

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya mengatakan, penyerahan dua aset ini merupakan tindak lanjut dari UU Nomor 21 tahun 2012 tentang Pembentukan DOB Pangandaran. Selain karena sudah berpisah, dua asset tersebut saat ini juga berlokasi di Pangandaran.

“Harapannya tentu saja sesuai amanat dari UU tersebut dan mudah-mudahan lebih memberikan manfaat lagi bagi masyarakat, apalagi setelah dikelola oleh Pemkab Pangandaran,” kata Herdiat.

Setelah penyerahan kedua aset ini, lanjut Herdiat, ke depan tidak lagi ada perdebatan antara kedua belah pihak masalah asset, baik Ciamis ataupun Pangandaran. Ia pun mengaku sudah benar-benar ikhlas menyerahkan ke Pemkab Pangandaran.

“Sesuai domisili, kedua aset ini ada di wilayah Pangandaran. Diharapkan setelah ini tali persaudaraan kita semakin terjalin erat, ibarat kita ini saudara, seperi kakak dan adik,” pungkas Herdiat.

Sementara itu, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradiata, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur setelah sekian lama akhirnya asset tersebut bisa diberikan secara resmi ke pemerintah Pangandaran. Ia pun mengapresiasi Bupati Herdiat yang baru menjabat 3 bulan sudah membuat gebrakan yang luar biasa, salah satunya masalah asset yang berada di Pangandaran.

“Alhamdulillah proses penyerahan BUMD ini bisa berjalan lancar, penuh rasa persaudaraan. Selanjutnya, kita akan lihat ke dalam persoalan apa saja di dalamnya yang perlu kita benahi dengan melakukan koordinasi langsung ke pengelola,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)