Pemuda Ciamis Desak BBWS Citanduy Melakukan Normalisasi Irigasi

Pemuda Ciamis
Para pemuda dari Lakbok dan Purwadadi saat melakukan audiensi di BBWS Citanduy. Foto: Muhlisin

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan pemuda Ciamis yang tergabung dalam Aliansi Karang Taruna Lakbok-Purwadadi Kabupaten Ciamis melakukan audiensi di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Kota Banjar, Jum’at (12/7/2019).

Audiensi para pemuda Ciamis tersebut diterima langsung oleh Dance, Kepala bagian irigasi Lakbok utara dan beberapa perwakilan dari pegawai BBWS Citanduy Kota Banjar.

Rafi Akhsanul Kholikin, Ketua Aliansi Karang Taruna, mengatakan, Lakbok dan Purwadadi memiliki potensi besar untuk dijadikan area pertanian dan ketahanan pangan. Akan tetapi, kata ia, tidak ditunjang dengan perairan yang memadai serta irigasi dan infastruktur yang buruk.

Untuk itu, lanjut Rafi, dari Aliansi Karang Taruna Lakbok meminta kepada BBWS Citanduy segera melakukan normalisasi dan revitalisasi terhadap saluran irigasi di wilayah Lakbok utara,

“Tentunya ini untuk menjamin kebutuhan air dan pengawasan aliran air. Kami juga meminta agar BBWS Citanduy membuat sodetan air di Dusun Sarimukti, Desa Sindangangin, dan melakukan penekanan terhadap kebijakan PDAM,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Hadia (27), perwakilan dari karang taruna Desa Cintaratu. Menurutnya, kasus di wilayahnya kondisi irigasi banyak yang bocor sehingga banyak sawah yang tidak terairi dengan baik. Padahal, kondisi debit air sedang tinggi.

“Kami harap kepada BBWS ada penanganan tindak lanjut, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kalau dibiarkan, kasusnya akan begini terus,” harapnya.

Sementara itu, Dance, Kepala Bagian Irigasi untuk wilayah Lakbok Utara dan beberapa perwakilan dari BBWS, menerima masukan dan siap terjun mamantau langsung ke lapangan.

“Pada prinsipnya kami tampung semua masukan dari teman-teman, nanti kita koordinasikan dan tindaklanjuti ke lapangan. Untuk daerah yang diusulkan, nanti kita jadikan prioritas,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

Loading...