Pengumuman Hasil Pemilu di Pangandaran Belum Ditetapkan, Caleg Terpilih Galau

pemilu
Ilustrasi penetepan caleg terpilih hasil Pemilu 2019. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-Belum adanya penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dari KPU di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, membuat para Calon Legislatif  (Caleg) yang secara hitungan dinyatakan lolos merasa resah.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran, Muhtadin mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima surat dari KPU RI mengenai pelaksanaan penetapan hasil Pemilu 2019 ini.

“Ini terjadi mungkin karena masih adanya gugatan dari Partai Berkarya ke MK di Jawa Barat Dapil 10, sehingga pengumumannya menjadi tertunda,” kata Muhtadin, Senin (15/7/2019).

Rencananya, sambung Muhtadin, pelaksanaan penetapan hasil Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli, namun akhirnya mendadak dibatalkan. Pada waktu itu, KPU sudah mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan pengumuman penetapan.

Meski begitu, Muhtadin berharap penetapan bisa dilaksanakan sebelum pelantikan DPRD Pangandaran, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus mendatang.

“Sebelumnya sudah ada yang menanyakan terkait hal tersebut, ya mudah-mudahan saja tidak berpengaruh kepada rencana pelantikan,” katanya lagi.

Sementara itu, salah satu Caleg yang dinyatakan lolos dari Partai Keadilan Sejahtra (PKS), Solehudin, mengatakan, belum adanya kejelasan mengenai penetapan hasil Pemilu 2019 membuat dirinya galau.

“Kalau tidak dilantik tanggal 5, berarti ada kekosongan DPRD, tapi tidak mungkin kan? masak ada Plt DPRD. Kita harap secepatnya, apalagi persiapan untuk pelaksanaan pelantikan sudah dilakukan jauh hari, termasuk pengukuran baju,” ujarnya. (Enceng/Koran-HR)