Peristiwa Spektakuler di Bumi Direkam dari Luar Angkasa

Peristiwa Spektaluer di Bumi Direkam dari Luar Angkasa
Foto : Letusan gunung berapi Raikoke difoto dari angkasa luar (NASA)

Sains, (harapanrakyat.com),- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merekam sejumlah peristiwa alam spektakuler di bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).  

Dilansir dari Liputan6, berikut ini fenomena alam menakjubkan yang terjadi di bumi baru-baru ini;

Aurora Borealis

Aurora Borealis
Aurora Borealis (NASA)

Northern Lights atau Aurora Borealis, merupakan salah satu peristiwa alam spektakuler yang terkenal di Bumi. Cahaya yang mayoritas terjadi di Noerwegia Islandia ini terlihat berpendar di angkasa.

Aurora Borealis terjadi saat partikel-partikel atmosfer Bumi berinteraksi dengan medan magnet planet. Selain Aurora Borealis, ada juga cahaya serupa di sekitar Kutub Selatan yang dinamai Aurora Australis.

Earthrise

Earthrise Dilihat dari Luar Angkasa
Earthrise (NASA)

Gambar ini menunjukkan bumi terbit atau Earthrise. Foto ini diambil astronaut Bill Anders saat bergabung dengan misi Apollo 8, pada tahun 1968. Gambar ini menjelaskan bumi seolah sedang mengintip dari luar permukaan bulan ketika pesawat ruang angkasa.

Inggris pada Malam Hari

Eropa saat malam hari dari Luar Angkasa
Eropa saat malam hari (NASA)

Astronaut asal Inggris, Tim Peake, berhasil mengambil gambar negara asalnya saat berada di ISS. Tim Peake mengabadikan gambar Eropa saat malam hari, ketika ISS melintas di atasnya. Cahaya lampu-lampu bersinar cerah dari atas wilayah Prancis dan Britania Raya.

Sungai seperti Ular

Green River dari Luar Angkasa
Green River (NASA)

Green River di Utah, Amerika Serikat ini terlihat seperti ular raksasa. Sungai ini mengalir sejauh 730 mil melalui Wyoming, Colorado, Utah hingga akhirnya tembus ke Sungai Colorado. Sungai ini menjadi tujuan populer para pecinta hiking dan arung jeram.

Badai Irma

Badai Irma dari Luar Angkasa
Badai Irma (NASA)

Badai atau pusaran angin tersebut merupakan potongan gambar dari luar angkasa yang berhasil diabadikan NASA melalui ISS. Gambar tersebut seringkali dijadikan alat untuk melacak pola cuaca. Hasilnya kemudian menjadi informasi penting layanan darurat untuk menyelamatkan orang. (Deni/R4/HR-Online)