Permintaan Meningkat, Peternak Puyuh di Ciamis Ajak Manfaatkan Peluang

Peternak Puyuh
Puyuh di peternakan milik Kasno. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Para peternak puyuh di wilayah Kawali, Kabupaten Ciamis mengalami kesulitan melayani permintaan telur yang begitu banyak. Sebab, terbatasnya peternak membuat mereka harus menambah jumlah ternak.

Kasno, salah satu peternak puyuh di Dusun Sukajadi, Desa Winduraja, mengatakan, saat ini masyarakat mulai sadar akan gizi, salah satunya yang berasal dari telur puyuh. Hal itu pun membuat jumlah permintaan mengalami peningkatan.

“Kadar protein tinggi, dan kadar lemaknya rendah. Mungkin ini salah satu alasan kenapa permintaannya meningkat,” katanya kepada HR Online, Kamis (18/7/2019).

Ia mengaku, selama satu hari peternakannya mampu menghasilkan sebanyak 40 kilogram dari sekitar 5000 ekor puyuh.

Permintaan telur puyuh itu, lanjut Kasno, tidak hanya dari wilayah Ciamis saja, namun datang dari wilayah Bandung, Bogor maupun Garut.

“Karena ini permintaannya banyak, maka perlu ditambah lagi ternaknya. Beternak puyuh itu peluangnya sangat besar untuk menambah penghasilan, selain belum ada kartelnya, juga semua unsur dari puyuh bisa bernilai ekonomi,” jelasnya lagi.

Ia melihat, pasar telur puyuh yang sudah jelas bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha. Menurutnya, pasar akan menerima berapapun jumlah yang dihasilkan peternak. (Edji/R6/HR-Online)