Pertama Kali, Kontes Bonsai Diadakan di Pamarican Ciamis

penggemar bonsai di Pamarican
Salah satu Bonsai yang diikutkan pada kontes di Pamarican Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat adakan kontes Bonsai di Dusun Balater Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican yang dilaksanakan sampai hari ini, Minggu (14/7/2019).

Ketua PPBI Kecamatan Pamarican  Deden Suyono ketika ditemui HR Online Sabtu (13/07/2019) mengatakan acara kontes Bonsai tersebut merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Acara seperti ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar di wilayah kecamatan Pamarican, padahal komunitas penggemar Bonsai di Pamarican itu sudah ada sejak tahun 1989 silam,” terang Deden.

Deden menjelaskan kontes Bonsai di Pamarican tersebut saat diikuti 140 peserta yang terdiri dari komunitas dari Kabupaten Camis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

“Awalnya hanya sebatas kontes tingkat RT, namun ternyata para pecinta sangat antusias sehingga banyak penggemar Bonsai dari luar wilayah sengaja datang untuk ikut meramaikan acara silaturahmi para pecinta Bonsai di wilayah Pamarican ini,” terang Deden.

Sementara untuk kategori kontes sendiri, hal yang dinilai mulai dari postur pohon, kesehatan pohon, keseimbangan pohon dan dahan, serta kesan tua ataupun usia dari tanaman Bonsai. Sedangkan tanaman hias jenis Bonsai ini terdiri dari jenis pohon beringin, serut, asem jawa, dan jenis pepohonan Kalimantan, arabika, ulmus, kawista, streeblues serta jenis pohon lainnya.

“Insya Allah kegiatan kontes ini kita gelar hingga hari Minggu (14/07/2019),” katanya.

Dadan, salah seorang penggemar Bonsai di Pamarican mengaku senang dengan diadakannya kontes bonsai tersebut.

“Sebagai pecinta tentunya saya merasa sangat bangga dengan adanya kegiatan ini, apalagi lokasinya ada di wilayah sendiri.  Sebelumnya juga kami selalu mengikuti berbagai kegiatan kontes di beberapa wilayah, seperti Pangandaran, Banjar dan Tasikmalaya, pokoknya seru lah,” katanya. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...