Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN

petani pangandaran tanam kol
Penanaman kol untuk pertama kalinya di lahan PTPN di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/7/2019). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Petani penggarap lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, melakukan penanaman sayuran kol bulat untuk pertama kalinya. Penanaman perdana kol di lahan PTPN ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/7/2019).

PTPN sebelumnya sempat mensomasi Kepala Desa Karangkamiri lantaran aktivitas petani yang menggarap lahan PTNP dan dianggap tanpa izin. Setelah islah dilakukan, PTPN kemudian mengizinkan para petani untuk menggarap lahan tersebut, dengan syarat tidak mengganggu tanaman pokok milik perusahaan BUMN tersebut.

Berita Terkait: Ratusan Warga Langkaplancar Geruduk PTPN VIII Cikupa, Ada Apa?

Para petani di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menanam sayuran kol secara serentak hari ini, Kamis (25/7/2019).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Sutriyaman, mengatakan, tanah di Langkaplancar sangat cocok untuk menanam jenis sayuran atau tanaman hortikultura lainnya.

“Saya yakin jika petani penggarap lahan ini memelihara tanamannya dengan telaten hasilnya pasti memuaskan,” ucapnya.

Terkait sumber air yang jauh dari lokasi lahan yang digunakan petani untuk menanam kol, Kadis Pertanian Kabupaten Pangandaran tersebut berjanji akan memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa mesin penggarap lahan, cultivator dan mesin pompa air.

“Untuk menunjang kelancaran semuanya, saya akan secepatnya memberikan bantuan berupa mesin pompa air dan culitvator,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Karangkamiri, Aang Kurniawan mengatakan, pemerintah harus memberi perhatian lebih, mengingat kelompok tani yang menggarap lahan PTPN sudah membuktikan dengan karyanya.

“Jadi sudah wajar jika para petani meminta bantuan peralatan karena karyanya sudah terbukti, Pemerintah sudah layak memberikan bantuan tersebut,” ucapnya.

Aang berharap bantuan yang diberikan nantinya bukan hanya untuk petani di Desa Karangkamiri saja, namun juga diberikan kepada semua kelompok yang sudah memperlihatkan karyanya di Kecamatan Langkaplancar.

“Dengan kunjungan Pak Kadis, saya berharap banyak agar secepatnya merealisasikan bantuan yang ia janjikan, agar proses olah lahan lebih gampang,” paparnya.

Selain menghadiri penanaman perdana sayuran kol, Kadis Pertanian Pangandaran juga melihat perkembangan pohon Asparagus di Dusun Bangunsari yang tak jauh dari Perkebunan tersebut.

“Sebagai Kepala Dinas, sudah seharusnya senantiasa mendorong para petani agar hasil panen nya meksimal dan memuaskan,” ungkap Sutriyaman, Kadis Pertanian Pangandaran. (Enceng/R7/HR-Online)