Polres Banjar Gelar Penyuluhan Hukum ke Sekolah

Penyuluhan hukum oleh personil Polres Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-Jajaran Polres Kota Banjar memberikan penyuluhan hukum kepada ratusan pelajar SMKN 1 Banjar, dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang digelar di aula sekolah tersebut, Selasa (16/07/2019).

Di hari kedua kegiatan MPLS, hadir Kasat. Binmas, Iptu. Suharno, KBO Binmas Polres Banjar, IPDA. Eko Drajat, Kanit Bintibmas, Aipda. Yadi, Kanit Binpolmas, Bripka. Teten Sutendi, di dampingi sejumlah guru.

Pantauan Koran HR di lapangan, para siswa tampak begitu antusias mengikuti arahan dari Aipda. Yadi, dan Ipda. Eko Drajat. Mereka juga sesekali tertawa mendengar materi yang disampaikan, dan ketika salah satu di antara mereka maju untuk menjawab beberapa pertanyaan dari personil Polisi Banjar ini.

Aipda. Yadi, mengatakan, dalam kegiatan ini ia mengajak agar para siswa dan siswi belajar dengan baik selama di sekolah. Selain itu, ia juga mengingatkan mereka untuk menaati tata tertib sekolah dan aturan hokum, serta perundangan-undangan yang berlaku.

“Kita imbau mereka supaya tidak terpengaruh ajakan teman yang mengarah pada pelanggaran hukum. Ini kesempatan baik bagi siswa baru supaya tidak mudah terjerumus ke hal-hal negative. Misalnya rokok, itu jembatan utama dalam penyalahgunaan narkoba. Kita ingatkan agar mereka tidak melakukan itu,” tegasnya, kepada Koran HR.

Tak hanya soal peraturan, lanjut Yadi, pihaknya juga mengajak siswa untuk mengantisipasi paham radikal, anti Pancasila, penyebaran paham teroris masuk ke sekolah melalui pembekalan pemahaman empat pilar kebangsaan.

“Alhamdulillah, mereka sangat antusias sekali. Bahkan, ada beberapa di antara mereka sangat aktif bertanya kepada kami berkaitan dengan materi yang disampaikan,” jelas Yadi.

Di tempat yang sama, Ipda. Eko Drajat, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya kepada masyarakat Kota Banjar, termasuk kepada para pelajar. Melalui pembinaan ini diharapkan para siswa dapat memahami dan melaksanakan, serta menjauhi hal-hal yang berpotensi melanggar aturan maupun hukum.

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Dengan cara ini, mudah-mudahan kota tercinta ini bisa lebih kondusif lagi, terutama para pelajarnya jauh dari hal-hal yang negative,” pungkas Eko. (Muhafid/Koran-HR)