Polres Kota Banjar Dukung Budaya Literasi

Polres Kota Banjar
Polres Kota Banjar saat berfoto bersama anak-anak TK Kemala Bhayangkari dalam kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku). Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kepala Polres Kota Banjar, AKBP Yulian Perdana, mengajak orang tua untuk gemar membaca buku agar anak-anak juga menjadi tertarik dalam mengambangkan budaya literasi, khususnya di Kota Banjar.

Dalam kesempatan kunjungan di TK Kemala Bhayangkari dalam kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku), Yulian menjelaskan gerakan ini sangat penting untuk menumbuhkan dan memupuk kegemaran membaca buku yang dimulai dari orang tua.

“Ketika orang tuanya sudah suka baca buku, maka secara otomatis anak-anaknya pun juga akan mengikutinya. Maka dari itu, gerakan ini sangat penting sekali,” jelasnya, Selasa (30/7/2019).

Manfaat dari membaca buku, lanjut Yulian, dapat menambah wawasan serta pengetahuan berbagai disiplin ilmu. Melalui buku, orang tua tidak hanya bisa mengandalkan sekolah semata untuk mendidik anak.

Usai memberikan sambutan, di sela-sela kegiatan tersebut Kapolres memberikan penghargaan kepada pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), Sofian Munawar, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Polres Banjar dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di Kota Banjar.

“Kami sangat berbahagia sekali Polres Banjar juga mendukung gerakan literasi di Kota Banjar. Semoga adanya dukungan dari berbagai pihak ini, menjadi pemicu semakin majunya budaya literasi di Banjar yang akhirnya berdampak positif juga bagi daerah tercinta kita ini,” kata Sofian.

Sebagai salah satu komunitas pegiat literasi yang terus berusaha menumbuhkan kesadaran pentingnya budaya membaca dan menulis di Kota Banjar, lanjut Sofian, YRBK terus melakukan upaya dengan menggelar berbagai kegiatan menarik serta melibatkan berbagai elemen untuk bersama-sama mengkampanyekan budaya literasi.

“Alhamdulillah kemarin kita menjadi narasumber dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) yang digelar Kemendikbud, Jakarta. Meski waktu itu belum ada sekolah dari Banjar yang terundang, namun kita harap ke depannya ada perwakilan,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)