Potensi Lokal Melimpah, Ciamis Perlu Tingkatkan Produk Unggulan

produk unggulan Ciamis
Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ciamis drh Rety Nugrahawati. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),Kabupaten Ciamis kaya dengan berbagai potensi lokal yang bisa dijadikan produk unggulan daerah. Namun sayangnya, selama ini potensi yang ada di masyarakat tersebut, tidak diolah dengan baik. Kebanyakan masyarakat Ciamis lebih memilih menjual produk dalam keadaan mentah. 

Demikian dikatakan, Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ciamis, drh Rety Nugrahawati, Senin (22/7/2019). Menurutnya, jika daya beli masyarakat di Kabupaten Ciamis ingin meningkat, maka produk-produk unggulan di Ciamis harus terus ditingkatkan. 

Misalnya, kata Rety, produk makanan kerupuk. Di Ciamis kebanyakan produsen kerupuk hanya memproduksi kerupuk mentah (babanggi), lalu menjualnya ke berbagai daerah luar Kabupaten Ciamis.

“Kenapa tidak kita olah dulu, kemas dengan bagus, nanti bisa bernilai ekonomis tinggi, ini yang harus kita ubah maindset di masyarakat,” jelasnya.

Hal serupa terjadi dengan hasil sumber daya alam bidang pertanian dan peternakan di Ciamis yang sangat melimpah. Untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka perlu adanya gebrakan untuk menumbuhkan semangat mengolah sumber daya alam ini.

Rety menyebut contoh, potensi hasil pertanian seperti cabe merah dan tomat di Sukamantri, Rety mendorong agar caber merah dan tomat di Sukamantri bisa diolah menjadi saus. Sehingga ketika harga cabe merosot, petani tidak dirugikan gara-gara harga murah.

“Pemerintah pun tentu harus hadir lewat berbagai program yang bisa membantu masyarakat dalam mengolah produksi lokalnya,” ujar R Nugrahawati.

Potensi lainya di bidang peternakan, juga cukup melimpah. Salah satu ternak asli Ciamis adalah ayam sentul dan sapi pasundan. Potensi ini jika dilirik dan dimaksimalkan dengan baik, maka akan semakin memajukan daerah dan masyarakatnya.

“Bisa saja kita bangun pusat kuliner makanan khas Ciamis, kita buat olahan abon sapi pasundan, sate ayam sentul, soto ayam sentul dan semua dari A sampai Z harus ada di Ciamis, agar masyarakat Ciamis tidak mencari ke luar Ciamis,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Rety, perlu adanya sinergitas lintas sektor agar bisa mencapai itu semua.

“Semua Dinas harus sama-sama bertekad memajukan daerah dan masyarakat Ciamis dengan program pemberdayaan ekonomi. Sehingga kedepan akan tercapai kesejahteraan untuk semua,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)