PPP dan Perindo Koalisi Bentuk Fraksi di DPRD Pangandaran

fraksi di DPRD Pangandaran
Ketua DPC PPP dan DPC Perindo Kabupaten Pangandaran setelah sepakat membentuk koalisi fraksi persatuan. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Setelah PKS dan Gerindra berkoalisi membentuk Fraksi Keadilan Indonesia Raya di DPRD Kabupaten Pangandaran, kini giliran PPP dan Perindo yang membentuk Fraksi Persatuan. Kedua fraksi di DPRD Pangandaran tersebut terbentuk lantaran partai-partai yang tergabung dalam koalisi tidak memperoleh cukup kursi untuk membentuk fraksi sendiri.

Baca Juga: Perolehan Kursi Kurang, PKS dan Gerindra di Pangandaran Sepakat Koalisi

Sebagaimana diketahui, KPUD menetapkan jumlah anggota DPRD Kabupaten Pangandaran sebanyak 40 kursi atau naik dari sebelumnya hanya 35 kursi. KPUD Pangandaran juga menetapkan untuk membentuk 1 fraksi sendiri, maka setiap partai minimal harus memperoleh 4 kursi.

Dari perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten Pangandaran, sejumlah partai memperoleh kursi kurang dari 4, yakni PKS, Gerindra, PPP, dan Perindo. Sementara PDI Perjuangan memperoleh 15 kursi, Golkar 5 kursi, PKB 5 kursi, dan PAN 5 kursi. 

Ketua DPC PPP kabupaten Pangandaran Wowo Kustiwa mengatakan, perolehan kursi partai PPP pada Pileg tahun 2019 tetap seperti sebelumnya yakni hanya 3 kursi, berdasarkan ketentuan yang mengharuskan minimal meraih 4 kursi untuk menjadi fraksi di DPRD, maka pihaknya telah sepakat dengan partai Perindo yang memperoleh 1 kursi untuk bergabung menjadi satu Fraksi di DPRD Pangandaran, yakni Fraksi Persatuan. 

“PPP sepakat dengan partai Perindo menjadi satu Fraksi di DPRD Pangandaran dengan nama Fraksi Persatuan sebagai wujud nyata pemersatu diantara semua perbedaan-perbedaan,” kata Wowo Kustiwa kepada HR Online, usai rapat pleno penetapan anggota DPRD di sebuah Hotel Pangandaran, Senin (21/7/2019).

Lebih lanjut Wowo Kustiwa menjelaskan, pihaknya berkomitmen menjaga persatuan dan kebersamaan untuk membangun Kabupaten Pangandaran lebih maju lagi. Semangat persatuan dinilai Wowo bisa mewujudkan cita-cita masyarakat Pangandaran.

“Fraksi Persatuan merupakan simbol pemersatu adanya perbedaan, juga sebagai wujud kebersamaan menuju Kabupaten Pangandaran lebih maju dan berkembang dengan pesat lagi,” pungkas Wowo Kustiwa.

Sementara, Ketua DPD partai Perindo Kabupaten Pangandaran, Cecep Nurhidayat mengatakan, satu kursi Perindo di DPRD Kabupaten Pangandaran siap membantu menentukan arah pembangunan juga kebesaran partai ke depan.

“Ini adalah awal perjuangan kita untuk membangun Pangandaran khususnya, mudah-mudahan dengan amanah satu kursi ini kita bisa berkontribusi untuk masyarakat, menjadi satu fraksi dengan PPP merupakan ajang menjalin persatuan mewujudkan kebersamaan dan cita-cita masyarakat Pangandaran,” kata Cecep Nurhidayat saat diwawancara HR Online, Senin (21/7/2019).

Lebih lanjut Cecep Nurhidayat menambahkan, pihaknya akan turun langsung untuk menggali aspirasi masyarakat melalui pengembangan destinasi wisata desa, pertanian, peternakan dan hutan sosial. Serta bagaimana membuat lapangan pekerjaan dengan adanya potensi alam di Kabupaten Pangandaran.

“Sesuai dengan visi misi kita, semoga Perindo bisa berkontribusi langsung pada kesejahteraan warga negara Indonesia, khususnya di Kabupaten Pangandaran ini,” pungkas Cecep Nurhidayat. (Madlani/R7/HR-Online)