5 Prospek Kerja Menjanjikan untuk Jurusan Akuntansi Setelah Lulus Kuliah!

Jurusan Akuntasi
Ilustrasi Jurusan Akuntasi. Foto: Istimewa/Okezone

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-Sampai saat ini jurusan akuntansi masih menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati para calon mahasiswa baru. Ketika pendaftaran mahasiswa baru telah dibuka, para pendaftar pun berbondong – bondong memilih jurusan ini.

Akuntansi sendiri adalah salah satu cabang ilmu yang banyak dibutuhkan dalam dunia bisnis. Itu sebabnya, tidak heran jika banyak perusahaan yang menerima lulusan akuntansi untuk bisa membantu pengelolaan keuangan.

Nah, kalau kamu berniat ingin kuliah di jurusan akuntansi, itu artinya kamu harus selalu siap dengan dunia kerja ya guys. Sebab akan ada banyak sekali prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus di jurusan ini.

Lalu apa saja yang menjadi prospek untuk jurusan akuntansi? Simak selengkapnya di sini!

  1. Bisa Menjadi Wirausaha Muda
Ilustrasi Sukses. Foto: Istimewa/Finansialku.com

Salah satu keuntungan memilih jurusan akuntansi adalah kamu bisa membuka sebuah usaha sendiri sekaligus bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Awalnya mungkin kamu akan merasa pesimis dan ragu untuk memulainya, namun tahukah kamu bahwa dengan banyaknya mata kuliah yang sudah dipelajari dapat kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis.

Contoh mata kuliah yang bisa kamu terapkan dalam wirausaha adalah pengantar manajemen, pengantar bisnis dan komunikasi bisnis.

Ketiga mata kuliah tersebut merupakan beberapa mata kuliah yang mengajarkan tentang strategi menjalankan bisnis, tata pengelolaan bisnis dan cara melakukan promosi usaha.

Apalagi jika kamu handal dalam pembukuan, tentunya akan membuat usahamu tercatat dengan baik dan kamu bisa memprediksi untung atau rugi yang kamu dapatkan.

2.  Menjadi Seorang Akuntan Publik Akan Membuat Kariermu Cemerlang

Ilustrasi akuntan publik. Foto: Istimewa/js-jan.com

Nah, prospek kerja menjanjikan dengan menjadi anak akuntansi yaitu kamu bisa menjadi seorang akuntan sejati. Bagaimana caranya? Apa bisa tercapai? Pertanyaan tadi pasti akan muncul di pikiranmu kan? Tentu kamu bisa mencapainya!

Setelah lulus menjadi anak akuntansi kamu bisa mencoba melamar sebagai akuntan publik di luar perusahaan. Maksud dari akuntan publik disini adalah kamu akan menjadi pihak yang bertugas melakukan audit atau aktivitas akuntansi lainnya yang tidak terikat oleh sebuah perusahaan tersebut.

Selain itu, keuntungan tugas menjadi seorang akuntan publik yaitu, memeriksa operasi perusahaan dan memberikan opini yang lebih netral ketimbang internal auditor yang memang bekerja pada perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana cara melamar menjadi seorang akuntan publik? Setelah lulus kuliah, kamu bisa melamar pekerjaan di kantor akuntan publik yang tersebar di kota-kota besar.

Kabar baiknya lagi, saat ini banyak KAP (Kantor Akuntan Publik) yang mau merekrut tenaga fresh graduates. So, tunggu apa lagi?

3.  Menjadi Seorang Internal Auditor

Ilustrasi akuntan auditor. Foto: Istimewa/tekunblog.com

Berbagai perusahaan di bidang apapun pasti akan sangat membutuhkan seorang internal auditor.  Jika kamu tipe orang yang menjunjung tinggi sebuah kejujuran dan moralitas, maka melamar menjadi seorang internal auditor bisa kamu coba.

Dengan menjadi seorang internal auditor kamu harus bisa memastikan seluruh hasil laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya dan tidak boleh ada penyimpangan.

Sebagai tambahan informasi, di kota – kota besar untuk tenaga fresh graduate akuntansi yang melamar sebagai internal auditor bisa mendapatkan gaji yang tinggi dari akuntan biasa.

4. Menjadi Seorang Perencana Keuangan Cocok untuk Kamu yang Hobi   Merencanakan Keuangan

Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto: Istimewa/ moneysmart.com

Well, buat kamu yang sudah terbiasa merencanakan keuangan sendiri, dengan melamar menjadi seorang perencana keuangan perusahaan adalah pilihan yang tepat.

Sebagai seorang perencana keuangan kamu memiliki tugas untuk memberikan saran tentang pengelolaan keuangan pada masyarakat yang memang sulit mengatur pendapatannya.

Bahkan saat ini, orang – orang dengan latar belakang lulusan akuntansi mulai memanfaatkan peluang menjadi perencanaan keuangan. Nah, agar karier pekerjaanmu semakin meningkat dan dapat dipercaya banyak orang.

Setelah selesai kuliah ada baiknya kamu mengambil sertifikasi perencanaan keuangan atau bisa disebut dengan Certified Financial Planner (CFP).

Apabila ingin mendapatkan sertifikat ini, kamu sebelumnya harus lulus dulu dalam serangkaian ujian yang menyangkut kompetensi bidang ini.

Diantaranya ujian Foundation in Financial Planning, Risk Management & Insurance Planning and Retirement, Investment Planning, Income Tax and Estate Planning.

5. Menjadi Credit Analyst

Ilustrasi Credit Analyst. Foto: Istimewa/finansialku.com

Selanjutnya prospek kerja menjanjikan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi lulusan akuntansi adalah credit analyst. Biasanya credit analyst akan sangat dibutuhkan untuk industri perbankan atau pembiayaan keuangan.

Jika kamu ingin menjadi seorang credit analyst, kamu harus mampu mengukur kemampuan seseorang yang ingin melakukan kredit dalam membayar sebuah cicilan dan bunga perbulannya.

Kemudian seorang credit analyst akan menilai, mengevaluasi dan mengusulkan nominal pinjaman yang bisa diberikan oleh perusahaan pembiayaan atau bank pada calon debitur.

Itu dia kelima prospek kerja jurusan akuntansi yang menjanjikan dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Jadi, gimana? Kamu sudah mantap untuk kuliah di jurusan ini, atau saat ini kamu pasti bangga dengan jurusan yang kamu miliki sekarang? Jangan lupa untuk share dan comment pendapatmu di bawah ini, ya! (R2/HR-Online)