Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita PangandaranRatusan Peserta Pandu Belantara Pangandaran Dikukuhkan

Ratusan Peserta Pandu Belantara Pangandaran Dikukuhkan

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Pangandaran mengukuhkan ratusan peserta Pandu Belantara 2019, bertempat di salah satu hotel yang ada di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (28/07/2019).

Acara pengukuhan peserta Pandu Belantara 2019 itu dihadiri Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, selaku Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Pramuka Pangandaran, dan dihadiri pula dari Dinas Kominfo, Kadin, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, BPBD Kabupaten Pangandaran, TNI AL serta PMI.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Pangandaran, Rukman Arifin, mengatakan Pandu Belantara merupakan rangkaian kegiatan yang disusun dengan muatan kurikulum berdasarkan ketentua sebagai Pramuka Garuda.

“Dengan kegiatan tersebut, selain mempermudah anggota Pramuka Penegak dan Pandega menjadi Pramuka Garuda, juga sebagai wahana ekplorasi minat dan bakat anggota Pramuka Penegak dan Pandega,” ujarnya.

Arifin juga mengatakan, bahwa sebelum dikukuhkan, para peserta Pandu Belantara telah melewati beberapa tahapan, yaitu Pangandaran Scout Kurnalist Camp, Life Skill Orientasion dan Scout Rescue Training Camp.

Pendidikan karakter yang ditekankan pada bidang Pramuka selain menjadi ekstrakurikuler yang wajib dijalankan di setiap sekolah, juga menjadi fokus utama Bupati Pangandaran dalam membangun budaya literasi di daerahnya.

“Tahun Ini kita mengukuhkan peserta Pandu Belantara sebanyak lebih dari 100 peserta. Apakah mungkin tahun depan bisa 1.000 peserta. Apabila  jumlah pesertanya banyak pasti akan lebih meriah lagi,” kata Mabicab Pramuka Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, dalam sambutannya saat menghadiri acara pengukuhan peserta Pandu Belantara. (Cenk/R3/HR-Online)

- Advertisment -