Ratusan Siswa Ikuti KSM Tingkat MTS se-Kabupaten Ciamis

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Ciamis di kampus MTsN 15 Ciamis, Sabtu (20/7/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 259 siswa dari 97 Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Ciamis di kampus MTsN 15 Ciamis, Sabtu (20/7/2019).

Event KSM tingkat Kabupaten Ciamis ini dalam upaya menjaring siswa berprestasi untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kementerian Agama Ciamis melalui Kasi Pendidikan Madrasah serta Pengawas Pembina lingkup Kementrian Agama Ciamis.

Ketua Panitia Pelaksana Drs H Saeful Uyun M.Pd.I menyebut ada tiga mata lomba pada kompetisi sains madrasah ini yaitu Matematika, IPA dan IPS. 

“Masing-masing mata lomba diikuti oleh 86 peserta,” ujar H Saeful Uyun. 

Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kabupaten Ciamis Drs. H. Dadang Mulyana menyatakan, juara 1 dari kegiatan lomba ini akan mewakili Ciamis ke tingkat Provinsi Jawa barat maupun ke tingkat Nasional. 

“KSM tingkat propinsi Jawa barat rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus, sedangkan tingkat Nasional rencana pada tanggal 15 September 2019,” katanya. 

H Dadang menambahkan, secara khusus tujuan KSM ini adalah untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

“Intinya KSM ini digelar guna meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi terbaik,” katanya.

Lanjutnya, penyelenggaraan kompetisi dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan anak didik dalam kegiatan belajar, juga membuka ruang mereka untuk berkreasi dengan ilmu yang didapatnya.

“Saya juga berharap dengan kegiatan kompetisi sains madrasah ini bisa menumbuhkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa,” ujarnya. 

Sementara hasil KSM MTs tingkat Kabupaten Ciamis pada lomba Matematika, juara 1 diraih MTs Al-Fadliliyah Darusalam, juara 2 MTs Negeri 15 Ciamis dan juara 3 MTs Rancah. 

Sedangkan pada mata lomba IPA juara 1 diraih oleh MTs 15 Ciamis, juara 2 MTs Nurul Anwar dan juara 3 MTs Guppi Cileungsir.

Kemudian mata lomba IPS juara 1 diraih MTs AL-Falaah, juara 2 oleh MTs Negeri 9 Ciamis, sedangkan juara 3 diraih MTs Asysifaa Cidolog. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...