Review HP Xiaomi Black Shark 2, Smartphone Canggih untuk Para Gamers

Xiaomi Black Shark 2. Foto : net/ist

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Ponsel gaming HP Xiaomi Black Shark 2 saat ini mendapat saingan dari pendatang baru ROG Phone 2, yang rencananya akan dirilis bulan ini.

Sesama ponsel khusus para pecinta game tentu kedua smartphone tersebut dibekali dengan spesifikasi yang yahud, namun juga pasti harganya tidak murah karena disesuaikan dengan spek.

ROG Phone 2 besutan Asus ini rencananya bakal keluar 23 Juli 2019. Sedangkan bocoran speknya, untuk chipset kemungkinan akan menggunakan Snapdragon 855 SoC dipadukan RAM 12 GB.

Lantas bagaimana dengan HP Xiaomi Black Shark 2 yang lebih dulu dirilis di bulan Maret lalu? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari GSM Arena beberapa waktu lalu.

Performa

Xiaomi Black Shark 2 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang merupakan terbaik di kelasnya. 

Dengan arsitektur tri-clusternya chipset 7nm menawarkan keseimbangan sempurna antara kinerja dan efisiensi daya. Belum lagi GPU atau grafis memakai Adreno 640.

Pembantu performa ponsel yakni RAM berkapasitas 6 GB, 8 GB serta 12 GB. Sedangkan penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB. Namun tidak dibekali slot memori card (moicorSD).

Dengan perpaduan hardware tersebut maka tidak masalah menjalankan multitasking atau mengoperasikan aplikasi secara bersamaan.

Karena ponsel ini khusus untuk bermain game, maka game berat seperti Asphalt 9: Legends, game PUBG Mobile, Dead Trigger 2, Free Fire dan lain sebagainya tidak bakal menemui kendala.

HP Xiaomi Black Shark 2 juga dibekali sistem pendingin Liquid Cool 3.0, yang menjanjikan suhu chipset 14°C lebih rendah. Ada add-on Cooling Case dengan kipas yang membantu menghilangkan lebih banyak panas, menurunkan suhu hingga 5°C.

Layar

Layar pada HP Xiaomi Black Shark 2 berukuran 6,39 inci full HD. Resolusinya mencapai 1080 x 2340 piksel dengan rasio aspek 19,5: 9 dan panelnya berteknologi AMOLED, sehingga menawarkan sudut pandang yang bagus. 

Selain itu, layarnya juga dilapisi atau dilindungi Corning Gorilla Glass, yang bisa menjaga layar dari goresan. 

HP Xiaomi Black Shark 2 ini satu-satunya handset dengan tingkat laporan sentuh 240Hz dan waktu respons sentuh 43,5 ms. Ini disebut-sebut sebagai respons input tercepat di smartphone. 

Kamera

Meski smartphone besutan Xiaomi ini berorientasi untuk game, namun ponsel ini membawa dual kamera utama 48 MP IMX586 dengan aperture f/1.8, dan kamera telefoto 12 MP pembesaran optik hingga 2x. 

Anda juga akan menemukan berbagai mode seperti potret, panorama, pro, video, video slow-mo, HDR, AI dan lain-lain.

Sementara bagian depan memiliki sensor 20 MP dengan lensa f/2.0 untuk selfie dan video call.

Baterai

Sebagai smartphone game tentu HP Xiaomi Black Shark 2 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yakni 4.000 mAh, dan mendukung fast battery charging (pengisian cepat) 27W.

Dengan dukungan pengisian cepat ini, maka perangkat dapat mengisi daya sampai 100 persen dalam waktu 90 menit.

Baterai dari ponsel ini memiliki kemampuan memutar video kualitas HD selama sekitar 16 jam 30 menit. 

Desain

Dengan lis hijau di sepanjang tepinya, membuat perangkat ini terlihat cukup menarik. Sementara posisi tombol power dan pengaturan volume berada di sebelah kiri.

Di bagian belakang warnanya terlihat elegan dan mengkilap, selain itu saat dipakai sangat nyaman dalam jangka waktu yang lama tanpa takut jatuh karena licin. 

Untuk ukuran dimensi 163.6 x 75 x 8.8 mm dengan berat hanya 205 gram.

HP Xiaomi Black Shark 2 memiliki dua speaker stereo di depan, sehingga Anda dapat memegang ponsel secara horizontal tanpa menghalangi speaker. 

Lainnya

Sensor keamanan Xioami Black Shark 2 menggunakan fingerprint atau pemindai sidik jari yang tertanam di dalam layar bagian depan. Sementara sistem operasi berbasis Android 9.0 (Pie).

Black Shark 2 juga menawarkan opsi konektivitas internet mulai dari 3G sampai 4G VoLTE, Bluetooth dan NFC. 

Keunggulan lainnya dari HP ini terdapat GamePad 3.0, yang dapat mengubah ponsel menjadi konsol yang mirip dengan Nintendo Switch. 

Harga

HP Xioami Black Shark 2 saat ini dibanderol dalam kisaran Rp 7.740.000 sampai paling mahal Rp 8.999.000 untuk RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. (Adi/R5/HR-Online)