Ribuan Santri Ziarahi Tokoh Penyebar Islam Kota Banjar

Penyebar Islam Kota Banjar
Ribuan Santri saat menziarahi makam salah satu tokoh penyebar Islam Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ribuan santi dari Ponpes Miftahul Huda Al Azhar mengikuti ziarah di Makam tokoh penyebar Islam Kota Banjar, KH Usman, di Lingkungan Langkaplancar, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam peringatan haul salah satu penyebar agama islam di wilayah Langensari ini, Kamis (18/7/2019).

Pantauan HR Online, ribuan santri tersebut berjalan sekitar 1,5 kilometer dari pesantren menuju makam yang berada di komplek Masjid Baiturrohim dan dipimpin langsung KH Munawir Abdurrohim. Mereka tampak khusus membacakan tahlil di tempat yang menjadi salah satu pusat penyebaran Islam di era penjajahan Belanda.

Baca Juga: Mengenal Tokoh Penyebar Islam di Bojongkantong Kota Banjar

KH Munawir, mengatakan, keteladanan KH Usman sebagai tokoh penyebar Islam dan juga ulama pada zaman dahulu harus dijadikan contoh bagi generasi saat ini. Apalagi, kata ia, sosoknya tersebut sangat perhatian sekali dengan pendidikan Islam.

“Beliau dulu di wilayah sini babad alas saat masih hutan, masih banyak hewan-hewan liar. Karena keprihatinan dan perjuangan beliau, Alhamdulillah kita bisa menikmatinya saat ini,” terangnya.

Sementara itu, Misbahul Munir, Ketua Panitia Haul, mengatakan, kegiatan ziarah tersebut sudah menjadi agenda rutin tiap tahun oleh keluarga besar KH Usman. Berkat haul tokoh penyebar Islam Kota Banjar ini, semua hubungan keluarga satu sama lain masih terjaga dengan baik.

“Pada prinsipnya, kegiatan ini selain untuk menguatkan tali persaudaraan, juga sebagai motivasi kita meneruskan perjuangan para pendahulu,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...
Loading...