Rumah Warga Ciamis Terancam Terseret Longsor

Terseret Longsor
Rumah milik Iwi, di Dusun Cibogor, Panawangan, Ciamis terancam terseret longsor. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bencana longsor yang terjadi beberapa bulan lalu di wilayah Panawangan mengakibatkan rumah milik Iwi (78), warga RT 04 RW 02, Dusun Cibogor, Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, terancam terseret longsor.

Iwi (78), ketika ditemui Koran HR, Minggu (07/07/2019), di kediamannya menerangkan, kejadian ini terjadi saat hujan lebat sekitar lima bulan lalu. Tiba-tiba saja tanah di depan rumah longsor.

Menurut Iwi, kejadian tersebut sudah dilaporkan dan sudah ada petugas dari pemerintah yang meninjau ke lokasi. Bahkan bantuan berupa makanan juga sudah diterima. Hanya saja, keinginan untuk membuat TPT belum terwujud. Sehingga bila hujan terjadi, selalu dihantui rasa cemas takut akan kembali terjadi longsor.

Endah, tetangga Iwi, mengatakan kejadian longsor tersebut tidak sampai menyebabkan kerusakan pada rumah warga. Kendati demikian bencana itu mengancam rumah yang ditempati Iwi.

Kondisi itu karena posisi rumahnya ada di sekitar tebing yang mengalami longsor. Apalagi di bagian sudut teras rumahnya sudah tergantung. Wajar bila Iwi selalu dihantui rasa cemas dan khawatir.

Sebab, selain rumahnya terancam, Iwi juga hidup sebatang kara, karena anak-anaknya berada di luar kota. Endah menambahkan, mengingat halaman rumah Iwi banyak dilewati orang, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan terpaksa dipasang terpal sebagai penghalang tebing.

Senada dengan itu, Iwan (60), warga sekitar, mengaku khawatir bila hujan tiba. Pasalnya, tanah tebing dengan kemiringan lebih dari 50 derajat tersebut bakal longsor dan menyeret rumah milik Iwi.

Menurut Iwan, wilayah Kecamatan Panawangan rawan bencana longsor karena keberadaan tanahnya sangat labil. Bahkan, selain rumah milik Iwi, tidak jauh dari rumahnya, tebing juga ambruk menutupi areal pesawahan dan saluran air Cipala.

Iwan menambahkan, untuk mengantisipasi terjadi adanya longsor susulan dan tidak mengancam keselamatan, mau tidak mau harus di buat Tembok Penahan Tebing (TPT)  atau dipasang beronjong. (Dji/Koran HR)