Sakit, Empat Calon Jamaah Haji Asal Ciamis Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Pemberangkatan jamaah calon haji kloter terakhir asal Kabupaten Ciamis, diwarnai isak tangis keluarga yang mengantar, Rabu (24/07/2019). Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Lantaran menderita sakit, empat orang calon jamaah haji asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, gagal berangkat ke tanah suci.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, 4 orang yang gagal berangkat ini 2 orang warga Kecamatan Ciamis dan Banjarsari dari kloter 08 JKS. 2 orang lagi asal Panumbangan dari kloter 53 JKS. 

“Mereka yang sekarang gagal berangkat, bisa berangkat tahun depan bila sudah sehat,” terang Kepala Kemenag Ciamis Agus Abdul Kholik, saat pemberangkatan jamaah haji asal Ciamis kloter terakhir Rabu (24/07/2019) di gedung IC.

Agus menyebut, tiga kloter haji asal Kabupaten Ciamis telah diberangkatkan ke embarkasi Bekasi dengan total 1.116 calhaj. Namun sayang empat jamaah terpaksa tidak bisa diikutsertakan dalam rombongan. 

Berita Terkait

Jemaah Calon Haji Kloter Terakhir Asal Ciamis Dilepas Wabup Yana D Putra

Isak Tangis Warnai Pelepasan Jemaah Calon Haji Asal Ciamis

Agus menambahkan, nantinya para calon haji akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan di embarkasi. “Yang menentukan layak atau tidak calon haji berangkat itu dari provinsi di embarkasi,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra melepas sebanyak 404 orang calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten Ciamis Kloter 61 JKS. Mereka diberangkatkan menuju Embarkasi Bekasi, Rabu (24/7/2019) di Gedung Islamic Center Ciamis menggunakan bus. 

Yana D Putra berharap, calon jemaah haji kloter 61 JKS di Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan ibadah haji sebaiknya baiknya. Sehingga pulang dengan gelar haji yang mabrur. 

“Laksanakanlah ibadah haji karena Alloh, dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat,” ungkapnya. (Jujang/R2/HR-Online)