SMKN 1 Ciamis Wakili Jabar dalam Lomba Sekolah Sehat Berkarakter

SMKN 1 Ciamis
SMKN 1 Ciamis melakukan persiapan untuk mewakili Jawa Barat dalam lomba sekolah sehat berkarakter tahun 2019 tingkat nasional. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– SMKN 1 Ciamis menjadi wakil Provinsi Jawa Barat dalam lomba sekolah sehat berkarakter tahun 2019 tingkat nasional. Saat ini, pihak sekolah terus melakukan persiapan sebelum hari penilaian yakni tanggal 30 Juli 2019. 

“Alhamdulilah berdasarkan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TPUKS) Jawa Barat, persiapan kita sudah 90 persen, tinggal beberapa komponen saja yang harus dilengkapi,” kata Kepala SMKN 1 Ciamis Dra Ika Karniadi Sardi M.MP.d di sela-sela pembinaan sekolah sehat berkarakter oleh TPUKS Jawa Barat, Kamis (11/7/2019) di kampus SMKN 1 Ciamis. 

Kata dia, penilaian sekolah sehat berkarakter bukan hanya karena mempunyai UKS yang memadai dan lingkungan bersih dari sampah dan rokok, namun semua warga sekolah harus mempunyai karakter baik seperti ramah, jujur, berintegritas, religius dan sebagainya. 

“Kita menciptakan sekolah yang ramah anak dalam upaya mencetak siswa berkarakter, salah satu programnya adalah setiap pagi menggelar kegiatan tadarusan dan duha di masjid sekolah,” ucapnya. 

Pihak sekolah pun telah membuat ruang terbuka literasi dengan dilengkapi gazebo-gazebo tempat para siswa membaca. Di sana disediakan buku-buku bacaan untuk menambah wawasan anak didik. 

“Semaksimal mungkin kita ciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan nyaman untuk anak-anak, agar mereka fokus belajar dan berprestasi,” kata Ika. 

Pihaknya berharap SMKN 1 Ciamis bisa menjadi juara 1 lomba sekolah sehat berkarakter tingkat nasional yang penghargaannya akan diberikan di Jakarta tanggal 17 Agustus 2019 nanti. 

“Mohon doa dan dukunganya saja, agar kita bisa mengharumkan Kabupaten Ciamis di tingkat nasional,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)