Solusi Mengatasi Bisul Menggunakan Obat dari Bahan Alami

Solusi Mengatasi Bisul Menggunakan Obat dari Bahan Alami. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Solusi mengatasi bisul sangat diperlukan untuk yang sedang mengalami. Meski bukan penyakit yang dianggap berbahaya, namun jika tidak segera diobati maka bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Terlebih, jika bisul tersebut sudah membesar tentu akan sangat menyakitkan, gatak serta bernafsu untuk memecahkannya.

Sementara yang menjadi sumber utama dari keluarnya bisul ialah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasa hidup di kulit, seperti kulit wajah, bokong, ketiak serta kepala.

Umumnya bisul berbentuk benjolan yang berwarna merah serta di dalamnya ada nanah. Keluarnya bisul karena bakteri yang menyerang, dan sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Selain itu, penyebaran bisul terbilang sangat mudah, sehingga diperlukan solusi mengatasi bisul yang baik dan benar.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini solusi mengatasi bisul memakai obat dari bahan alami.

Bawang Putih dan Merah      

Seperti kita ketahui pengobatan herbal atau ala tradisional sudah dipraktekan oleh nenek moyang kita. Dan itu terbukti ampuh serta mujarab.

Salah satu obat alami untuk mengatasi bisa adalah dengan menggunakan bawang putih serta merah. Dua bumbu yang pasti terus ada di dapur ini terkenal dengan sifatnya yang antibiotik.

Bukan hanya antibiotik, bawang putih dan merah juga di dalamnya terkandung sulfur yang merupakan bisa mengeringkan dan membersihkan bisul dengan cepat.

Lantas bagaimana cara menggunakan kedua bahan alami ini? Potong-potong bawang putih serta merah itu, namun sebelumnya terlebih dulu dikupas serta cuci sampai bersih.

Lalu, taruh di kain yang bersih serta tidak tebal dan dibungkus kemudian ditemplekan ke bagian bisulnya.

Atau bisa juga dengan dihaluskan bawang tersebut dengan cara diparut, kemudian dibungkus dengan kain atau kapas, dan ditempelkan ke bagian yang ada bisulnya.

Kunyit

Bukan hanya sebagai bumbu masakan, namun kunyit juga bisa dijadikan solusi mengatasi bisul.

Pasalnya, rempah yang satu ini bersifat antibakteri serta antiperadangan, jadi sangat ampuh untuk mengatasi bisul. Caranya, menumbuk terlebih dulu kunyit lalu taruh di bagian bisul.

Putih Telur

Putih telur memang terkenal untuk perawatan wajah terutama menghilangkan komedo. Namun, ternyata putih telur juga bisa sebagai solusi mengatasi bisul yang sangat mengganggu.

Hal itu disebabkan karena kandungan protein bisa mengeluarkan nanah serta membunuh bakteri penyebab bisul.

Akan tetapi, untuk telurnya harus berasal dari ayam kampung atau ayam yang tak memakan/memakai obat kimia.

Caranya, telur ayam kampung itu direbus sampai matang, kemudian kulitnya di kelupas dan yang diambil adalah bagian putih telurnya saja, setelah itu taruh di bagian daerah yang terkena bisul.

Minyak pohon teh

Selain bahan alami di atas, bisa pula dengan menggunakan minyak pohon teh. Minyak tersebut merupakan salah satu cara untuk mengobati bisul, karena di dalamnya terkandung antibakteri serta antiperadangan.

Cara memakainya, langsung diaplikasikan atau dioleskan ke bagian yang ada benjolan bisulnya, hal itu bisa meminimalisir bengkak serta membersihkan infeksi.

Tepung Jagung

Tepung jagung atau maizena yang biasanya dipakai untuk bahan pembuatan roti ternyata dipercaya bisa mengobati bisul.

Menurut para ahli kesehatan, tepung jagung ini di dalamnya mengandung pati yang bermanfaat untuk mendinginkan benjolan bisul, dan menjaga agar tidak keluar nanah serta infeksi.

Untuk caranya tidak lah sulit. Cukup campurkan tepung meizena dengan air hangat lalu diaduk sampai membentuk seperti pasta yang lembut.

Setelah itu, dioleskan ke area benjolan bisul serta kulit yang ada di sekitar. Diamkan sampai beberapa waktu, bersihkan dengan air dingin dan bersih.

Jadi sebelum menggunakan obat kimia, sebagai solusi mengatasi bisul bisa juga memakai obat dari bahan alami yang dipercaya tidak ada efek sampingnya. (Adi/R5/HR-Online)