SPAM MBR IKK Kota Banjar Tidak Berfungsi, Warga Khawatirkan Krisis Air Bersih

SPAM MBR
2. Kantor PDAM Situbatu yang tertutup semak belukar dan juga tidak digunakan lagi. Foto: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, mengeluhkan keberadaan SPAM MBR IKK Banjar Selatan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, kantor pembantu Perusahaan Daerah (Perusda) PDAM Tirta Anom wilayah Situbatu yang tidak jauh dari lokasi itu juga tidak dirawat. Bahkan, kantor tersebut kini tidak terlihat lantaran tertutup semak belukar.

Keluhan warga terungkap seiring dengan musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung lama, sementara beberapa wilayah di Situbatu kerap membutuhkan pasokan air bersih.

Seperti diungkapkan Muklis, salah seorang warga setempat, kepada Koran HR, Jum’at (05/07/2019), bahwa jalur pipa PDAM yang ada di depan rumahnya sudah lama tak digunakan. Hal tersebut karena keberadaan kantor PDAM yang berada tidak jauh dari rumahnya sudah tidak beroperasi.

“Ini sudah lama tidak dipakai, lihat saja kantornya juga tidak terlihat karena tertutup semak belukar. Padahal di belakangnya ada bak penampung air. Dulu sempat beroperasi, namun sejauh ini masih terkesan dibiarkan,” katanya.

Menurut Muklis, meski saat ini di rumahnya belum terlalu gelisah dalam menghadapi musim kemarau, namun ia khawatir musim kemarau yang diprediksi panjang ini bisa membuat warga harus menunggu datangnya bantuan air dari pemerintah.

“Padahal kalau sudah ada jalur PDAM tinggal difungsikan, setidaknya warga di sini tidak harus repot-repot lagi minta bantuan air bersih,” ujarnya.

Kantor SPAM MBR IKK Banjar Selatan yang tampak sepi tak ada aktivitas apapun sejak dibangun beberapa tahun lalu. Foto: Muhafid/HR.

Sedangkan, untuk lokasi SPAM MBR IKK Banjar Selatan yang juga memiliki fungsi yang sama, lanjut Muklis, diharapkan bisa dioperasikan. Pasalnya, sejak dibangun beberapa tahun lalu, ia belum pernah menikmati air dari tempat pengelolaan air tersebut.

“Saya harap pemerintah bisa membenahi urusan perairan di sini agar masyarakat terbantu, apalagi di musim kemarau ini,” harapnya. (Muhafid/Koran HR)