Tempat Nongkrong di Ciamis, Bisa Gathering Komunitas sampai Makan-makan

tempat nongkrong di Ciamis
Alun-alun Ciamis, salah satu tempat nongkrong di Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

Tempat nongkrong di Ciamis yang banyak disambangi warga dan jadi tempat piknik asyik untuk gathering bahkan untuk makan-makan.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),Kabupaten Ciamis, Jawa Barat seringkali dianggap sebagai kota pensiun karena suasananya yang asri cocok untuk para pensiunan yang lelah bekerja bertahun-tahun. Namun, kesan itu lama-lama makin surut seiring dengan digalakkannya berbagai pembangunan di salah satu Kabupaten yang ada di Priangan Timur ini.

Begitu pun dengan tempat wisata di Ciamis yang tidak kalah menarik dibanding kabupaten tetangganya, Tasikmalaya atau Pangandaran. Berbagai wisata alam di Ciamis dikembangkan melalui sejumlah BUMdes. Karena pesatnya pembangunan, terdapat juga tempat nongkrong di Ciamis yang asyik untuk disambangi.

Lokasi-lokasi nongkrong di Ciamis ini banyak dijadikan tempat gathering berbagai komunitas. Selain didominasi anak muda, sejumlah keluarga lengkap dengan anak-anaknya menyambangi tempat nongkrong di Ciamis ini. Bahkan sesekali terlihat ada yang ‘botram’ atau makan bersama.

Berikut adalah tempat nongkrong di Ciamis yang banyak didatangi warga dari berbagai kalangan:

Alun-alun Ciamis

Alun-alun Ciamis seringkali dipadati pengunjung, untuk nongkrong di sini memang gratis. Tapi jika ingin sambil makan cemilan, banyak juga jajanan yang dijajakan pedagang kaki lima di sekitar Alun-alun Ciamis.

Bahkan ada satu pedagang yang dianggap legend di Alun-alun Ciamis, yakni Upuy. Pedagang yang satu ini berada tepat di pinggir jalan Taman Anggur, atau hanya beberapa meter saja dari pos polisi Alun-alun.

Selain itu, pedagang kaki lima juga tersebar di bawah billboard Alun-alun Ciamis. Berbagai jajanan dijajakan di sana, salah satunya adalah bakar jagung aneka rasa.

Lalu ada lagi tempat nongkrong di Ciamis yang juga masih di seputaran Alun-alun Ciamis, yakni roti bakar yang berada tepat di bawah big screen DPRD Kabupaten Ciamis.

Selain nongkrong sambil menikmati jajanan atau bahkan makan bersama, di Alun-alun Ciamis juga terdapat becak cinta, yakni becak warna warni yang bisa dinaiki pengunjung. Ada juga sejumlah mainan yang bisa dijajal oleh anak-anak.

Jangan lupa, air mancur yang berada di tengah-tengah Taman raflesia Alun-alun Ciamis juga seringkali dijadikan spot foto sejumlah warga, mulai dari anak muda hingga kalangan dewasa. Bahkan tempatnya yang strategis terkadang dijadikan tempat gathering sejumlah komunitas.   

Pelataran Stadion Galuh Ciamis

Stadion Galuh Ciamis bisa jadi tempat nongkrong yang asyik. Ketika malam hari, sejumlah komunitas mobil atau klub motor sering nongkrong di pelataran Stadion Galuh Ciamis.

Sementara di siang hari, sejumlah pedagang kaki lima menjajakan beraneka ragam makanan. Mulai Takoyaki, Ndogs Gulung sampai seblak.

Lalu di seberang Stadion Galuh juga ada sejumlah kios makanan yang menjajakan es krim, mie ayam, tahu gejrot sampai soto ayam kampung yang cukup terkenal di Ciamis.

Jangan lupa juga, Stadion Galuh merupakan markas PSGC Ciamis, klub sepak bola lokal Ciamis yang sekarang berlaga di Liga 2 Indonesia. Maka jangan heran apabila pada sore hari Stadion sering ramai karena banyak warga yang menonton PSGC berlatih.

Apalagi jika PSGC bertanding kandang, Anda bisa menyempatkan diri menonton permainan Bio Paulin dan kawan-kawan di Stadion Galuh Ciamis.

Taman BMX Ciamis

Taman yang satu ini sering ramai pada hari Minggu. Pasalnya pada hari libur tersebut ada pasar dadakan yang tadinya berasal dari Alun-alun Ciamis, namun dipindah ke Taman BMX setiap Minggu. Lokasinya ada di daerah pejagalan, Ciamis.

Di pasar dadakan parkiran sirkuit BMX ini, beraneka ragam makanan dijajakan, selain itu berbagai produk seperti peralatan rumah tangga sampai pakaian juga ada di pasar dadakan parkiran sirkuit BMX.

Ada juga taman hutan kota yang asri, lokasinya tepat di depan Sirkuit BMX. Taman Hutan Kota Cigembor ini sering juga dijadikan lokasi gathering sejumlah komunitas. Setiap sore sejumlah remaja terlihat nongkrong sambil berfoto di beberapa lokasi yang ada di Taman Hutan Kota Cigembor ini.

Taman Lokasana Ciamis

Tempat nongkrong di Ciamis selanjutnya adalah Taman Lokasana. Taman yang satu ini punya fasilitas olahraga seperti lapangan voli pasir dan lapang basket. Sejumlah atlet voli pasir berbakat lahir dari Taman Lokasana ini.

Di sekeliling taman juga terdapat sejumlah pedagang. Beranekaragam makanan bisa Anda cicipi sambil nongkrong di Taman Lokasana. Sebenarnya taman ini sudah dibangun dengan fasilitas foodcourt, namun sayangnya sampai saat ini belum dibuka oleh pihak Pemkab Ciamis.

Jika pada siang hari Taman Lokasana sering dijadikan sebagai tempat berolahraga, maka pada malam hari sering banyak komunitas yang nongkrong di tempat ini. Banyaknya pedagang kaki lima di seputar taman Lokasana membuat siapapun betah berlama-lama nongkrong di tempat ini.

Itulah tempat nongkrong di Ciamis yang sering dijadikan tempat berkumpul berbagai komunitas, selain itu terkadang ada juga warga yang memanfaatkan untuk makan bersama keluarga. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, ada juga sejumlah café di Ciamis yang dijadikan tempat nongkrong, bagi Anda yang pernah nongkrong di cafe seputaran Ciamis bisa Anda bagikan pengalaman di kolom komentar. (Ndu/R7/HR-Online)