Tenaga Pengajar SD di Banjaranyar Ciamis Didominasi Sukwan

Tenaga Sukwan
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Memasuki tahun ajaran baru, hampir semua sekolah dasar di wilayah Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Banjaranyar, mengaku masih kekurangan tenaga pengajar atau guru.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Banjaranyar, Edi Gunarso, ketika ditemui Koran HR, Selasa (23/07/2019), membenarkan, tenaga pengajar di sekolah dasar yang ada di Kecamatan Banjaranyar didominasi tenaga honorer atau sukwan.

“Hampir semua sekolah dasar kekurangan guru. Terutama guru yang statusnya PNS. Saat ini 70 persen tenaga pengajar sekolah dasar didominasi guru sukwan,” katanya.

Diakui Edi, guru sukwan sangat berperan dan dibutuhkan sekolah. Hal itu demi tercapainya program kegiatan belajar mengajar.

“Setiap sekolah guru PNS nya paling ada tiga. Ituun termasuk dengan kepala. Sisanya guru sukwan,” katanya.

Menurut Edi, di SDN 4 dan 5 Cikupa, hanya ada 3 orang guru PNS plus kepala sekolah dan 1 orang sukwan. Di SDN 2 Banjaranyar, hanya ada 2 orang tenaga pengajar PNS dan 1 orang Sukwan.

“Saya juga tidak bisa membayangkan. Untuk mengajar enam kelas, hanya ada empat orang guru,” terangnya. (Suherman/Koran HR)