Ternak Ayam Kalkun di Ciamis Janjikan Keuntungan

ayam kalkun di Ciamis
Ayam kalkun di kediaman Ipah (40) warga Desa/Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Harga ayam kalkun yang mahal membuat Ipah (50) tergiur untuk mencoba beternak ayam kalkun di Ciamis, tepatnya di Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis,Jawa Barat.

Ketika ditemui HR Online di kediamannya, Ipah menuturkan dirinya baru melakoni beternak ayam kalkun beberapa bulan saja dan baru memiliki 10 ekor indukan ayam kalkun. Ipah mengaku belum tahu bagaimana keuntungan yang akan didapatnya nanti.

“Kalau dari informasi peternak lain, beternak kalkun ini prospeknya cerah, jadi itu motivasi awal yang membuat saya menggeluti ternak ayam kalkun ini,” terang Ipah kepada HR Online, Selasa (23/7/2019).

Ipah menjelaskan, keuntungan dari beternak ayam kalkun sangat jauh berbeda dengan ayam kampung. Selain itu, pakan ayam kalkun juga lebih murah bila dibandingkan pakan ayam kampung.

“Apalagi kalau diingat pakan ayam kampung itu justru lebih mahal dibanding pakan ayam kalkun, kalau mahal kan jelas jadi membebani biaya operasional sehari-hari,” jelas Ipah.

Penjelasan dari peternak ayam kalkun di Ciamis itulah yang memotivasi Ipah untuk ikut terjun beternak ayam kalkun.

“Saya coba melakoni beternak ayam kalkun ini setelah mendengar potensinya sangat menguntungkan dan langsung termotivasi untuk beternak. Terlebih mendengar kabar, ke depan masyarakat tidak melulu mengkonsumsi daging sapi atau kambing, tapi ada alternatif daging kalkun,” kata Ipah.

Ipah menambahkan berdasarkan dari informasi yang ia dapat, ayam kalkun yang telah berusia lebih dari dua bulan sudah layak dipanen baik daging maupun telurnya.

“Bahkan bulunya pun laku dijual untuk hiasan dan aksesoris. Jadi banyak yang dimanfaatkan dari kalkun ini, dagingnya, telurnya juga bulunya, makanya langsung termotivasi untuk beternak ayam kalkun ini dan mudah-mudahan saja apa yang dikatakan oleh peternak itu betul,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)