Terpaksa Mengungsi, Rumah Janda Tua di Ciamis Ambrol

rumah ambrol di Ciamis
Rumah milik Iroh (67) di Dusun Cilangkap, RT 07, RW 02, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dindingnya ambrol, Senin (22/7/2019) malam. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Lagi, rumah ambrol di Ciamis dan nyaris menimpa penghuninya. Kali ini, rumah milik Iroh (67) seorang janda tua warga Dusun Cilangkap, RT 07, RW 02, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang dindingnya ambrol lantaran sudah lapuk. Iroh pun terpaksa mengungsi di kediaman anaknya.

Sekretaris Desa Pasirnagara. Ahmad Jaelani membenarkan kejadian ambruknya dinding rumah Iroh. Menurutnya, rumah milik Iroh ambruk pada Senin (22/7/2019) sekitar pukul 23.15 WIB.

“Siang tadi kami baru mendapatkan laporannya. Bahkan untuk memastikan informasi itu pihak kami siang tadi langsung mendatangi lokasi, memang benar rumah Nek Iroh ambrol sebagian dindingnya. jadi bukan ambruk. Namun hanya ambrol sebagian dindingnya, karena kalau roboh itu kan semuanya,” katanya.

Kata dia, kejadian tersebut terjadi lantaran kondisi bangunan rumah Iroh sudah lapuk termakan usia.

“Ini bukan diakibatkan oleh gempa, tapi karena memang kondisi bangunannya sudah tua, sebelumnya juga pada saat gempa 2017, rumah Nek Iroh tidak tercatat terkena dampak gempa. kejadian ini murni akibat rumah sudah tua,” terangnya.

Akibat kejadian tersebut, Iroh terpaksa harus tinggal sementara di kediaman anaknya, karena kondisi rumahnya saat ini berbahaya jika harus dihuni.

“Untuk biaya perbaikan rumahnya mungkin butuh biaya lumayan besar di atas 15 jutaan,” katanya.

Sementara itu keterangan berbeda diungkap oleh Baehaki Efendi, ketua Tagana Kabupaten Ciamis. Baehaki mengatakan, rumah ambrol di Ciamis milik Iroh merupakan dampak gempa tahun 2017 lalu.

“Diduga ambrolnya akibat gempa tahun 2017 lalu. Tidak ada korban jiwa, namun puing-puing bekas ambrolnya rumah harus segera dibersihkan,” kata Baehaki. (Suherman/R7/HR-Online)