Tradisi Pelepasan Balon di SMAN 1 Ciamis, Simbol Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit

Tradisi Pelepasan Balon di SMAN 1 Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-SMAN 1 Ciamis punya cara tersendiri dalam menyambut siswa maupun siswi yang baru memulai pendidikanya. Salah satunya dengan melepaskan ratusan balon ke udara setelah upacara selesai dilaksanakan, Senin (15/07/2019). 

“Kami sengaja melepaskan ratusan balon ke udara. Ini merupakan salah satu simbol bahwa setiap siswa-siswi SMAN 1 Ciamis harus menggantung cita-citanya setinggi langit,” kata Kepala SMAN 1 Ciamis, Wawan Haryawan M.Pd, Senin (15/07/2019).

Wawan menjelaskan, pelapasan balon ini merupakan tradisi tahunan yang selalu digelar oleh sekolah. Menurutnya, hal itu dikarenakan memberi kesan membekas bagi siswa. Bukan hanya siswa saja yang mengikuti upacara hari pertama, tapi orang tua siswapun ikut hadir. Tujuannya untuk memperkenalkan lingkungan sekolah maupun guru yang berada di SMAN 1 Ciamis. 

Di hari pertama sekolah, pihaknya lebih fokus memperkenalkan lingkungan sekolah serta sosialisasi terhadap orang tua siswa baru dengan memperkenalkan program kurikulum apa saja yang berada di sekolah.

“Program ini dinamai Gerakan orang tua menggantar anak. Salah satu program pemerintah Provinsi yang diharapkan orang tua mengenal kepala sekolah, lingkungan sekolah, guru dan program kurikulumnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wawan menuturkan, selama 3 hari ini siswa kelas X akan mengikuti Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS ditujukan agar siswa baru benar-benar mengenal sekolah yang akan menjadi tempat belajar mereka selama 3 tahun kedepan.

“Tahun ini kita menerima kurang lebih 400 siswa baru, yang masuk ke dalam 12 kelas. Dibagi 2 jurusan, (IPAdam IPS),” katanya. (Fahmi/Koran-HR)

Loading...