Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk, Warga Kabupaten Ciamis Ini Berharap Bantuan Pemda

Bantuan Pemda
Rumah yang dihuni Hendra, warga RT 06 RW 03, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto:

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hendra, warga RT 06 RW 03, Desa Sukaresik, Kecamatan  Sindangkasih, Kabupaten  Ciamis, Jawa Barat, menempati sebuah rumah yang nyaris roboh. Ia mengaku selalu merasa cemas dan membutuhkan bantuan Pemda karena sewaktu-waktu rumah itu ambruk, sehingga membahayakan keselamatan anggota keluarganya.

“Saya bersama keluarga sudah puluhan tahun mendiami rumah ini. Bersama adik dan ke 2 orang anak. Sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah daerah,” katanya saat dijumpai Koran HR, di rumahnya, Selasa (09/06/2019).

Hendra menerangkan, bangunan rumah yang ditempatinya puluhan tahun itu memang bekas kedua orang tuanya. Menurut dia, rumah itu tidak pernah direhab. Bagian atap dan tiang penyangga rumah sudah lapuk dimakan usia. Menurut Hendra, bagian dinding rumah sebagian terbuat papan kayu anyaman bambu.

“Kalau hujan, bocor dimana-mana. Dapur saja memakai kayu, keadaannya sudah miring dan gentengnya pun sudah banyak yang jatuh dan pecah. Terlebih membuat cemas dan takut ketika hujan lebat disertai angin kencang. Kami hanya bisa berdoa supaya rumah ini tidak ambruk,” katanya.

Hendra mengaku tidak mampu untuk memperbaiki rumah tersebut. Alasannya, keterbatasa uang menjadi kendala. Sebab, penghasilan dari usaha yang dia jalani hanya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

“Penghasilan sehari-hari hanya bisa untuk makan, selebihnya untuk anak bersekolah,” tuturnya.

Hendra berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis bisa membantu memperbaiki rumah yang menjadi satu-satu harta berharga yang dia miliki. Meski itupun hanya peninggalan dari orang tua. (Fahmi/Koran HR)