Warga Kabupaten Ciamis Ini Kembangkan Obwis Wiradadaha

Obwis Wiradadaha
Pemerintah Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat saat berkumpul di lokasi Obwis Wiradadaha. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat saat ini tengah menggarap Obwis Wiradadaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penggagas, Ade Gas, saat ditemui Koran HR, Senin (08/07/2019), mengatakan, lokasi obwis Wiradadaha merupakan sebuah lokasi yang akan dibangun untuk tempat rekreasi warga. Di lokasi ini, warga bisa menikmati indahnya panorama alam terbuka dengan pemandangan hamparan sawah yang dikelilingi pemandangan gunung.

“Kami tengah menggagas dan melakukan penataan lokasi. Insyaallah kedepannya tempat ini akan dibuka untuk umum. Tentunya di lokasi ini akan kami bangun taman serta sarana edukasi lainnya,” katanya.

Ade menjelaskan, pihaknya menggagas lokasi tersebut untuk dijadikan lokasi wisata bermula saat melihat lokasi yang begitu bagus dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) bagi Desa Sukasari.

“Setelah melihat dan mengkaji, kami sepakat untuk membuka lokasi ini untuk dijadikan tempat wisata edukasi bagi masyarakat luas. Nantinya, di lokasi ini akan dibangun beberapa titik untuk menunjang keindahan tempat wisata. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Banjarsari,” katanya.

Menurut Ade, salah satu kuliner yang akan menjadi unggulan adalah nasi liwet. Di lokasi tersebut juga akan dibangun sarana dan prasarana bumi perkemahan. Selain itu, akan dibangun sarana lainnya seperti playing fox dan kereta lori.

Untuk menindaklajuti program ini, lanjut Ade, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Sukasari dalam hal ini Bumdes.

“Insyaallah nantinya lokasi ini akan dikelola Bumdes. Karena tujuan kami adalah untuk meningkatkan sumber PAD bagi desa. Nanti setelah semua selesai dibangun, kami juga akan melakukan lounching sekaligus membuka bazzar kuliner di lokasi wisata Wiradadaha,” ujarnya.

Kepala Desa Sukasari, Kusmana, saat ditemui Koran HR, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung penuh upaya pengelolaan lokasi wisata Wiradadaha yang saat ini tengah dikelola para tokoh masyarakat.

“Jelas selaku pemerintah, kami sangat mendukung dan memberikan support kepada warga yang membuka wahana ini. Nantinya juga kita akan anggarkan biaya untuk pengelolaan wahana ini,” katanya.

Menurut Kusmana, antusias warga saat ini sudah terlihat begitu besar. Hal itu terlihat dari semangat warga yang membuka lokasi secara swadaya. Antusias warga sudah begitu nampak sekali, bahkan meski pembangunan lokasi wisata ini baru berjalan 30 persen.

“Namun sudah banyak warga yang datang untuk menikmati lokasi ini. Bahkan lokasi ini juga sudah bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Seperti halnya kegiatan rapat desa serta muasyawarah masyarakat,” katanya.

Kusmana menyebutkan, lokasi Wiradadaha memang sangat memanjakan. Mulai dari lokasi yang sejuk serta keindahan sekitar lokasi yang mampu membuat orang yang datang bisa tenang.

“Kami akan terus mengembangkan Wiradadaha agar bisa menyerap dan mendatangkan PAD. Pembangunannya mungkin bisa dilakukan dengan jangka panjang. Ya karena untuk membuka lokasi wisata ini butuh anggaran besar. Kami juga berharap, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis bisa memberikan dukungan dan bantuan anggaran,” katanya. (Suherman/Koran HR)