10 Fakta Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur

Kampung Inggris Pare Kediri
Di Kampung Inggris yang berada di Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur ini banyak terdapat ratusan lembaga kursus bahasa asing. Foto: Istimewa

Kampung Inggris merupakan sebuah desa yang di dalamnya terdapat ratusan lembaga kursus Bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Di sebuah daerah di Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, ada sebuah perkampungan yang sangat unik, kampung ini disebut dengan nama Kampung Inggris.

Seperti diketahui, bahasa inggris menjadi sebuah skill yang sangat penting di jaman sekarang ini. Kita membutuhkannya dalam berbagai hal seperti untuk pekerjaan, saat bepergian dan juga hal lainnya. Menguasai bahasa inggris akan menjadi keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Sekilas Tentang Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris merupakan sebuah desa yang di dalamnya terdapat ratusan lembaga kursus bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Tidak seperti tempat kursus pada umumnya, sistem kelas di kampung ini adalah “Full Days”, artinya semua peserta kursus akan belajar bahasa Inggris hampir satu hari penuh dan hanya ada waktu istirahat beberapa jam saja.

Sebagian besar masyarakat yang ada di kampung ini berasal dari luar daerah pare, bahkan saat musim libur sekolah tiba, jumlah pendatang yang berkunjung ke kampung Inggris dengan tujuan untuk belajar bisa mencapai belasan ribu orang.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui sekilas tentang Kampung Inggris Pare, tapi apakah Anda sudah tahu beberapa fakta menarik yang ada di dalamnya?

Nah bagi yang penasaran dengan kampung pendidikan yang ada di Jawa Timur ini, Mari kita simak lebih lanjut mengenai 10 fakta kampung inggris yang perlu kita ketahui.

  1. Memiliki Suasana Seperti Lingkungan Kampus

Bukan hanya penduduk lokal saja, seperti yang sempat kami singgung di atas, kampung Inggris banyak dikunjungi oleh orang-orang yang berasal dari luar daerah Pare.

Suasana yang ada pada kampung ini terlihat seperti suasana kampus sehingga banyak sekali pendatang dari berbagai daerah untuk belajar bahasa inggris maupun untuk buka usaha disana.

Terdapat berbagai tempat seperti café, kos atau tempat tinggal, warung makan, dan berbagai tempat layaknya di area kampus. Yang berbeda adalah di beberapa tempat diterapkan percakapan dengan menggunakan berbahasa inggris.

2. Sejarah Kampung Inggris

Sejarah keberadaan kampung inggris berawal dari dua desa yaitu Desa Tulungrejo, dan juga Desa Pelem, Secara administratif, lokasinya berada dalam wilayah kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Pada tahun 1977, berdiri sebuah Lembaga untuk belajar bahasa inggris di tempat ini bernama BEC (Basic English Course), Lembaga inilah yang merupakan pelopor munculnya berbagai Lembaga belajar bahasa inggris yang ada di perkampungan inggris di Pare.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu mulai bermunculan kursus bahasa inggris di sini sehingga pada akhirnya disebut dengan kampung inggris sampai sekarang.

Jadi karena banyaknya Lembaga kursus bahasa inggris, fakta inilah yang menyebabkan tempat ini disebut sebagai kampung inggris.

3. Alat Transportasi Utama Adalah Sepeda dan Juga Sepeda Motor

Ada dua jenis alat transportasi yang umumnya digunakan oleh siswa siswi di kampung inggris, yaitu sepeda dan juga sepeda motor.

Di dalam perkampungan inggris ini terdapat banyak sekali jasa persewaan sepeda dan sepeda motor untuk bisa digunakan sebagai alat transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

Syaratnya cukup mudah biasanya hanya membayar sebesar biaya sewa dan juga beberapa syarat seperti data diri.

4. Tidak Ada Camp Area 1 Kamar untuk 1 orang

Satu keunikan yang ada di perkampungan inggris ini adalah beberapa lembaga kursus menerapkan English Area, dimana semua peserta kursus diwajibkan menggunakan bahasa inggris untuk komunikasi sehari – hari dalam waktu 24 jam.

Walaupun sedang berada di dalam kama kamar asram, siswa akan tetap menggunakan bahas inggris untuk percakapan sehari – hari.

Nah khusus untuk camp area, semua siswa tidak akan menemukan tempat yang menyediakan 1 kamar untuk satu orang. Umumnya di camp area, 1 kamar digunakan 2 sampai 4 orang, kecuali jika Anda mencari kos sendiri.

5. Bahasa Penduduk Lokal

Bagi Anda yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Juga Jawa Timur mungkin tidak terlalu asing dengan bahasa lokal kampung inggris, hal ini karena bahasa lokal kampung inggris menggunakan bahasa jawa.

Selain bisa belajar bahasa inggris di kampung inggris Anda juga bisa sekaligus belajar bahasa lokal atau bahasa jawa dengan berkomunikasi dengan penduduk disana.

Ada peribahasa yang mengatakan “Sekali dayung 2, 3 pulau terlewati” nah, itu dia keunikan dari kampung inggris. Selain bisa belajar bahasa inggris di tempat ini Anda juga bisa belajar bahasa jawa, ya walaupun hanya beberapa kosa kata saja.

6. Rata – rata Program Dimulai dalam Waktu yang Sama

Sebagian besar Lembaga kursus yang ada di kampung Inggris Pare memulai program di waktu yang bersamaan, yaitu pada tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya.

Jika ingin belajar di sana ada baiknya untuk mendaftar sebelum tanggal – tanggal tersebut.

7. Selain Belajar Ada Banyak Tempat Asik Untuk Nongkrong

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tempat ini seperti layaknya kawasan kampus, terdapat berbagai macam tempat makan, café, dan tempat nongkrong lainnya.

Jika sedang waktu off atau tidak ada proses pembelajaran untuk melepaskan beban dan penat, Anda bisa mengajak teman sesama siswa kampung inggris untuk berkunjung di berbagai tempat nongkrong yang ada disana.

Ada café yang menjual berbagai macam kuliner enak dan juga lezat. Selain itu terdapat beberapa café yang menawarkan tempat yang cozy dengan berbagai interior yang sangat indah untuk dilihat.

8. Anda Bisa Mendapatkan Teman Baru yang Hebat

Tak jarang Anda akan mendapatkan teman baru dari berbagai tempat yang tersebar dari seluruh daerah. Peserta kursus berasal dari berbagai background yang beragam, seperti mahasiswa, pekerja kantoran, dan lain – lain.

Hal ini lah yang menjadi kelebihan belajar di kampung inggris, kita akan dengan mudah bertemu dengan orang baru yang akan bisa menjadi teman kita nantinya.

9. Sebagian Besar Tutor Adalah Alumni

Sebagian besar tutor/pengajar di lembaga kursus merupakan lulusan atau alumni dari kampung inggris juga. Sebelum menjadi tutor biasanya meraka belajar bahasa Inggris dengan waktu yang cukup lama, saat skill bahasa inggris sudah mumpuni, barulah mendaftar untuk menjadi tutor bahasa Inggris.

Namun untuk menjadi pengajar di sini tentu tidak semudah yang dibayangkan, para tutor akan melewati proses seleksi oleh lembaga kursus yang bersangkutan.

10. Peserta Wajib Untuk Belajar Dengan Aktif

Ketika memilih untuk kursus di kampung Inggris, agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya akan lebih baik jika Anda lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sistem pembelajaran disana merupakan penerapan sistem pembelajaran yang aktif dan interaktif.

Selain menerima materi di kelas, semua siswa diwajibkan untuk praktek bahasa Inggris misalnya dengan cara diskusi kelompok atau tugas-tugas praktek lainnya.

Informasi Penting Lainnya

Selain 10 fakta menarik yang telah kami sampaikan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi informasi penting lainnya mengenai kampung Inggris Pare.

Nah berikut adalah beberapa point penting yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Kampung Inggris Pare :

  • Durasi program kursus sangat bervariasi, yaitu mulai dari 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan hingga 5 bulan lamanya.
  • Pada umumnya terdapat 6 kali pertemuan dalam setip harinya. Kelas dimulai dari jam 05:00 hingga jam 20.30 malam.
  • Hari aktif dalam proses belajar mengajar mulai hari Senin-Jumat. Sedangkan hari sabtu minggu siswa bebas beraktivitas di luar jam belajar. Boleh liburan, nongkrong atau lainnya.
  • Maksimal jumlah siswa dalam 1 kelas sebanyak 20 orang agar lebih efektif dan terkontrol.
  • Terdapat 3 jenis tempat tinggal, yaitu Camp (asrama), Kost dan Home Stay.

Demikian 10 fakta kampung inggris yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk belajar di sini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi yang berencana untuk belajar bahasa Inggris di Pare. (R2/HR-Online)