3 Hektar Hutan Produksi di Panjalu Ciamis Terbakar

Hutan produksi
Hutan produksi di blok Legoknyenang Dusun Sukaluyu, Desa Bahara, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbakar pada Minggu (04/08/2019). Foto: Istimewa/BPBD Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hutan produksi seluas 3 hektar yang berada di blok Legoknyenang Dusun Sukaluyu, Desa Bahara, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar pada Minggu (04/08/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, membenarkan kejadian kebakaran tersebut. Menurutnya, di areal hutan produksi milik Desa Bahara yang dikelola oleh warga itu terdapat tanaman produksi kayu dan bambu.

“Hutan seluas kurang lebih sekitar 3 hektar habis terbakar. Api mulai terlihat oleh warga pada pukul 1 siang tadi,” katanya, kepada HR Online, Minggu (04/08/2019) sore.

Ani mengatakan sumber api yang menyebabkan kebakaran belum diketahui. Pihaknya bersama kepolisian dan dibantu aparat desa serta warga setempat masih melakukan penyelidikan guna mengetahui sumber api dan penyebab kebakaran.

“Upaya pemadaman api awalnya dilakukan oleh warga yang dipimpin aparat desa setempat. Pemadaman yang dilakukan warga dengan menggunakan peralatan seadanya. Kemudian pada pukul 13.30 WIB mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan melakukan pemadaman,” ujarnya.

Menurut Ani, kobaran api mulai mereda pada sekitar pukul 13.45 WIB atau setelah mobil kebakaran melakukan pemadaman di beberapa titik api.

“Kami dari BPBD bersama Pusdalops masih melakukan pemantauan di lapangan pasca terjadinya kebakaran,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)