6 Makanan untuk Diet yang Justru Harus Dihindari!

Ilustrasi makanan untuk diet
Ilustrasi makanan untuk diet. Foto: Net/Ist

Memilih makanan untuk diet sangatlah penting agar tujuan menurunkan berat badan memberikan hasil yang efektif. Apalagi prinsip utama diet adalah dengan mengatur dan merencanakan menu makanan yang tepat.

Merencanakan menu makanan sehat juga mesti dilakukan dengan matang sebelum mulai melaksanakan program diet. Tanpa perencanaan yang baik target diet pun sangat diragukan akan tercapai.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, diet yang dijalankan juga harus menghindarkan berbagai makanan tak sehat. Dari makanan cepat saji, makanan yang mengandung lemak, dan sebagainya.

Namun ternyata tak semua makanan sehat juga baik untuk diet. Karena itulah jika anda ingin berhasil dalam program diet, harus mengenali makanan untuk dietanda. Termasuk yang makanan sehat yang harus dihindari.

Daftar Makanan untuk Diet yang Justru Harus Dihindari!

Buat anda yang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, berikut ini daftar makanan untuk dietyang justru harus dihindari.

1.Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian diketahui sebagai makanan sehat yang kaya dengan nutrisi penting. Selain kaya dengan kandungan serat, makanan ini juga mengandung lemak sehat yang penting untuk kesehatan jantung.

Namun untuk diet, ternyata kacang dan biji-bijian justru bisa membuat tubuh makin subur. Karena dalam setiap 28 gram makanan ini terdapat 160 kalori. Apalagi jika makanan ini digoreng dengan minyak.

Mungkin pengalaman anda saat stress yang sering ngemil kacang dan biji-bijian bisa menjadi pengalamaan berharga agar diet tidak gagal.

2.Gandum

Tidak semua jenis gandum baik sebagai makanan untuk diet. Beberapa jenis gandum justru mengandung tepung olahan. Meskipun tepung ini kaya serat dan mineral namun justru bisa meningkatkan berat badan Anda.

Kalaupun anda ingin membeli gandum untuk menu diet, sebaiknya teliti dan pilih yang 100 persen adalah gandum utuh.

3.Sereal Manis

Sereal merupakan menu sarapan penting yang kaya nutrisi. Namun jika anda mengkonsumsi sereal manis jangan berharap berat badan akan turun.

Sereal manis biasanya terjadi karena salah dalam mengolahnya, terutama karena kandungan gulanya yang tinggi namun seratnya justru rendah. Kalaupun membeli sereal, periksa kandungan nutrisinya.

Selain itu sebaiknya hindari juga sereal yang diolah dengan menggunakan BHT atau sirup jagung fruktosa tinggi.

4.Makanan Bebas Gluten

Membeli makanan dalam bentuk instan perlu super hati-hati. Seperti makanan bebas gluten dalam kemasan yang banyak dijual, tak sedikit yang justru menggantinya dengan bahan pati tinggi seperti kentang.

Makanan semacam ini umumnya mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi namun rendah kandungan proteinnya. Apalagi makanan ini justru membuat perut terasa lapar sehingga merangsang makan lebih banyak.

5.Yogurt dengan Rasa

Yogurt memang merupakan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Namun jika anda sedang menjalankan diet, sebaiknya jangan membeli atau menambahkan rasa manis pada yogurt.

Tak sedikit yogurt yang dijual di pasaran tersedia dalam beragam varian rasa. Tambahan rasa ini ternyata mengandung kalori tinggi, gula, dan zat tambahan yang justru akan merugikan program diet anda.

Kalaupun anda memasukkan menu yogurt dalam menu diet sebaiknya pilih yogurt tawar. Untuk pemanisnya sebaiknya tambahkan saja madu atau buah.

6.Jus dalam Kemasan

Jus buah merupakan makanan favorit bagi setiap orang yang menjalankan diet. Apalagi buah-buahan kaya vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Namun banyak jus buah yang dijual di pasaran justru tidak baik untuk diet. Produk kemasan ini umumnya mengandung pemanis gula yang diproses dalam suhu atau tekanan yang tinggi.

Jus dalam kemasan semacam ini jika dikonsumsi justru akan membuat berat badan anda cepat bertambah.

Karena itulah jika anda ingin berhasil dalam diet sebaiknya semua menu makanan untuk diet anda dibuat sendiri di rumah. Sehingga anda bisa menjaga makanan sehat yang baik untuk diet anda.

Itulah berbagai jenis makanan untuk diet yang sebaiknya dihindari agar tidak malah membuat berat badan bertambah. (R8/HR-Online)