Agun; Pancasila Harus Teraktualisasi Generasi Milenial

Agun Gunandjar Sudarsa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Generasi milenial adalah generasi yang tidak dapat terlepas dari gadget dan teknologi. Sebagai generasi milenial, remaja dituntut aktif di dunia media sosial.

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial merupakan media pertukaran informasi dengan cepat dan murah. Oleh karenanya media sosial menjadi spion penting sarana informasi untuk generasi milenial.

Baca Juga : Agun; Pancasila Konsep Peradaban Bangsa Indonesia

“Kemajuan teknologi media sosial memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh luar, termasuk sistem nilai dan gaya hidup yang notabene seringkali bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” kata Agun Gunandjar Sudarsa, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar di Ciamis, 26 Agustus 2019.

Sedangkan, menurut Agun, derasnya informasi yang masuk tidak berbanding lurus dengan tameng yang telah dibangun. Jika hal tersebut dibiarkan, besar kemungkinan nilai-nilai Pancasila akan tergilas habis oleh nilai-nilai luar yang bertentangan.

Baca Juga : Agun; Reformulasi GBHN Cukup dengan Undang-Undang

Agun menegaskan, degradasi sosial dan moral yang berkepanjangan sedikit banyak dapat mempengaruhi kelangsungan hidup dan keutuhan bangsa Indonesia di masa depan. Selain tiu, juga dapat mengikis nilai-nilai ideologis bangsa.

Oleh karena itu, Agun menambahkan, penting untuk menanggulangi degradasi moral dan sosial yang ada. Salah satu cara yang dapat digunakan guna menanggulangi masalah tersebut adalah dengan kembali kepada nilai-nilai pancasila.

“Maka dari itu, perlu untuk melakukan reaktualisasi nilai-nilai pancasila, khususnya untuk generasi milenial,” tandasnya. (Deni/R4/HR-Online)