Aksi Kamisan FH Unigal, Diskusi Ditemani Kopi Khas Ciamis

Aksi Kamisan FH Unigal
Mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Galuh menunjukkan kopi khas Ciamis yang biasa menemani mereka saat berdiskusi setiap Kamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Galuh (FH Unigal), Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membudayakan semangat meminum kopi (ngopi) sambil diskusi bareng setiap hari Kamis.

Karena dilaksanakan setiap hari Kamis, kegiatan ini dijuluki ‘Kamisan’. Diskusi sambil ngopi ini diinisiasi oleh Direktur Pusat Kajian Ilmu Hukum, Hendra Sukarman bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH Unigal.

Hendra menjelaskan, diskusi tidak hanya sekedar untuk memecahkan masalah, bisa juga sebagai tempat berbagi dengan mahasiswa. Salah satu perangsang untuk mendapat inspirasi yaitu ditemani dengan secangkir kopi.

“Setiap hari Kamis kita selalu mengadakan acara ngopi bareng sambil diskusi dalam sebuah meja rapat. Jadi ngobrol perkara ilmiah, tentang hukum tapi sambil ngopi. Program kerja mahasiswa juga terevaluasi, apa yang sudah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan,” ujar Hendra, Kamis (8/8/2019).

Hendra mengungkapkan, diskusi ini tidak hanya membahas perihal ilmiah. Namun terkadang diskusi mahasiswa dengan dosen juga bisa menyangkut masalah sepele dalam kehidupan mahasiswa. Menurutnya, hadirnya kopi dalam Aksi Kamisan FH Unigal ini membuat suasana antara dosen dan mahasiswa menjadi semakin akrab.

Kopi yang disajikan juga sengaja mengambil kopi khas Ciamis, diantaranya Kopi Rajadesa, Kopi Ki Oyo, dan kopi lain yang ditanam di Gunung Sawal Ciamis

“Selain berdiskusi, kita juga mempromosikan hasil pertanian di Ciamis, khususnya kopi. produksi kopi di Tatar Galuh ini sangat banyak. Jadi kami mengajak mahasiswa, dosen, dan masyarakat untuk membudayakan diskusi dan minum kopi,” ucap Hendra.

Sementara itu, Ketua BEM FH Unigal, Muhammad Galuh Firdaus menegaskan, aksi Kamisan FH Unigal yang diisi dengan diskusi dan minum kopi ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Menurutnya, mendapat ilmu tidak hanya dari kelas tetapi juga bisa didapat dari luar kelas dengan berdiskusi.

“Kemampuan berpikir kita kan terbatas, apa yang belum kita pikirkan terkadang sudah terpikirkan oleh orang lain apalagi dengan dosen. Makanya dengan diskusi kita dapat alternatif baru untuk menyelesaikan masalah, selain itu kita juga bisa mendapat inspirasi dari teman diskusi,” ujarnya.

Dia berharap Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis juga mau diajak diskusi sambil ngopi bareng di acara Kamisan FH Unigal.

“Kami ingin mengundang Pak Bupati dan Anggota DPRD Ciamis untuk ikut bersama diskusi dengan para mahasiswa di FH Unigal, tentunya sambil ditemani kopi yang khas dan asli ditanam di bumi Tatar Galuh ini,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...