Asal Usul Nama Situ Ciumbul Ciamis, Tempat Berkumpulnya Pejabat Zaman Dulu

Situ Ciumbul Ciamis
Situ Ciumbul yang berada di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Nama suatu tempat tidak terlepas dengan latar belakang sejarah, seperti halnya nama Situ Ciumbul yang berada di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Menurut cerita, Situ Ciumbul Ciamis ini merupakan tempat berkumpulnya para pejabat zaman dulu. 

Dian, Kaur Ekbang Desa Gereba, menerangkan, sesuai dengan namanya, Situ Ciumbul terdiri dari tiga kata yaitu situ, ci, dan umbul.

“Situ bisa di artikan sebagai kolam besar, ci artinya air dan umbul adalah umbul-umbul,” terang Dian saat ditemui HR Online, Kamis (22/8/2019).

Lanjut Dian, Situ Ciumbul merupakan kolam besar yang berada di tanah milik warga. Diketahui Situ tersebut merupakan milik Wedana dahulu kala.

“Kalau sekarang keluarga wedana itu berdomisili di Kota Bandung. Umbul sendiri diambil dari kata umbul-umbul, konon di tempat tersebut dulunya sering dipasang umbul-umbul ketika para pejabat berkumpul,” jelasnya.

Karena alasan itu, kata Dian, Situ yang berada di Desa Gereba tersebut dinamai Situ Ciumbul.

“Kecuali musim kemarau panjang, air di Situ ini tidak pernah surut, suasananya pun masih sangat alami,” katanya.

Dian menyebut Situ Ciumbul memiliki potensi untuk dikembangkan jadi obyek wisata.

“Kami, dari pihak Pemerintah Desa Gereba sedang ber usaha agar pemilik Situ Ciumbul bisa menyewakan situ ini,” ungkapnya.

Dian menambahkan, di lokasi sekitar situ juga ada tempat bersemedi.  Bahkan Dian mengatakan, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, tempat semedi itu berkaitan erat dengan pesugihan.

“Ada tempat semedinya, kalau kata orang-orang sih tempatnya mereka yang cari pesugihan,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)