Asteroid 99942 Apophis Diramalkan Melintas di Dekat Bumi 2029 Nanti, Inilah Pernyataan NASA

asteroid 99942 apophis
Ilustrasi asteroid. Foto: Istimewa

Asteroid 99942 Apophis telah diramalkan akan melintas di dekat bumi pada tahun 2029 Nanti. NASA sendiri dikabarkan tengah mempersiapkan kedatangan dari asteroid ini.

Asteroid ini adalah salah satu jenis asteroid yang terbesar yang akan melintas sangat dekat dengan bumi.

Bahkan karena terlalu dekat, dikabarkan bahkan jarak asteroid dengan bumi lebih dekat dibandingkan dengan jarak satelit komunikasi Bumi.

Bila digambarkan sebagai perbandingan, jarak orbit asteroid 99942 Apophis ini dengan permukaan bumi yaitu 19.000 mil atau sejauh 30.577 kilometer.

Sementara itu, untuk jarak satelit komunikasi dengan planet Bumi adalah 22.236 mil atau sejauh 36.000 kilometer.

Bukan hanya sampai disitu saja, asteroid ini memiliki laju kecepatan yang bisa mencapai 25.000 mph atau bisa dibilang 40.233,6 km/jam.

Mengetahui kecepatan dari asteroid itu sendiri ditambah dengan diameternya yang sampai 340 meter. Bisa dipastikan bahwa asteroid ini bisa meluluhlantakkan bumi bila sampai menabraknya.

Oleh sebab itu, tak mengherankan bila asteroid ini mendapat julukan sebagai asteroid Dewa Kekacauan.

Perkiraan Lintasan Asteroid 99942 Apophis

Para ilmuwan yang ada di NASA menyadari bahwasanya lintasan dari orbit asteroid ini masih dapat berubah setiap saat.

Hal ini tentu saja akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri di antara mereka. Diperkirakan bahwa Asteroid Apophis pertama kali akan terlihat pada Bumi bagian selatan. Selanjutnya asteroid tersebut akan melintasi pantai timur ke pantai barat di Australia.

Kemudian asteroid tersebut akan melaju terus untuk melewati Samudra Hindia sampai ke Amerika Serikat.

Kecepatan asteroid Apophis yang begitu besar dan luar biasa, maka diperkirakan bahwa hanya memerlukan waktu satu jam saja untuk bisa melintasi bumi. Saat ini para ilmuwan NASA tengah mempersiapkan untuk menyambut kedatangan asteroid ini.

Mereka beranggapan bahwa ini bisa menjadi sebuah peluang yang besar untuk dunia agar bisa belajar tentang asteroid lebih dalam lagi. Ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk perkembangan sains di dunia.

Asteroid Apophis sendiri termasuk ke dalam salah satu perwakilan dari 2.000 asteroid yang dapat berpotensi untuk menimbulkan bahaya.

Saat bisa mempelajari tentang asteroid ini, maka tentunya kita bisa mendapatkan pengetahuan ilmiah yang sangat penting sebagai pertahanan Bumi di masa yang akan datang.

Nasa Memprediksi Dampak Asteroid 99942 Apophis Bila Menghantam Bumi

Nasa telah memperkirakan seperti apa dampak asteroid Apophis yang mendapat julukan sebagai Dewa Kekacauan bila menghantam bumi pada 2029.

Asteroid ini telah diperkirakan bisa menimbulkan kekacauan yang bisa membuat atmospheric entry yang memiliki kekuatan 1.200 megaton.

Energi yang besar ini diperkirakan bisa mengakibatkan kerusakan bumi lebih besar dari peristiwa yang terjadi di Rusia yaitu ledakan Tusungka, bom hidrogen Tsar Bomba dan Krakatau.

Perkiraan NASA, asteroid ini mempunyai peluang 1 dari 45.000 kemungkinan menghantam bumi pada 13 April 2029. Jika itu benar terjadi, maka peristiwa ini tentunya akan membuat sejarah baru.

Dampak ledakan Tusungka yang terjadi tahun 1908 di Siberia hanya diperkirakan mempunyai besaran tiga sampai sepuluh megaton.

Satu kali erupsi Gunung Krakatau mengeluarkan 200 megaton. Sementara salah satu bom hidrogen yang pernah diuji coba Tsar Bomba kekuatannya 57 Megaton, bola api dengan besar seperti kota Paris dan suhu panasnya sama dengan matahari.

Namun demikian, semua ledakan dalam sejarah ini belum bisa menandingi dampak dari peristiwa Chicxulub. Peristiwa Chicxulub ini diperkirakan memiliki energi 100 juta megaton. Peristiwa inilah yang telah diprediksi menjadi penyebab dari punahnya Dinosaurus.

Selain berbagai macam kejadian itu, manusia tidak dapat mengabaikan dampak buruk dari Asteroid Apophis bila memang benar-benar menabrak bumi.

Diperkirakan asteroid tersebut bisa membuat kawah karena benturannya dengan bumi yang memiliki lebar 4 mil dan mempunyai kedalaman 17.000 kaki.

Perhitungan ini telah dilakukan pada Rabel Resiko Sentry. Sentry adalah sebuah sistem prediksi dampak secara otomatis yang telah dioperasikan Center for Near Earth Object NEO Studies sejak tahun 2002.

Fakta Menarik Asteroid Apophis

Asteroid 99942 Apophis sendiri diprediksi melewati jalur orbit bumi pada tahun 2029. Banyak rumor beredar asteroid itu bisa menabrak bumi.

Tetapi para ilmuwan menyatakan bahwa asteroid ini tidak menabrak. Hanya melewati jalur orbit bumi dengan sangat dekat.

Apophis merupakan batu luar angkasa yang mempunyai diameter 350 meter. Asteroid ini memiliki warna gelap dan bentuk yang tidak beraturan. Meski begitu, bisa tampak terang ketika diamati dari bumi.

Saat itu, jarak Apophis dan juga bumi bisa menjadi sangat dekat. Ilmuwan telah mencatat bahwa pada tanggal tersebut, asteroid Apophis hanya memiliki jarak 19 ribu mil atau 31 ribu kilometer.

Ini menjadi sejarah jarak bumi dan benda asing terdekat. Fenomena yang terjadi ini tidak akan menimbulkan ketakutan. Warga yang ada di bumi malah menyambut Apophis dengan gembira.

Hal ini karena fenomena Apophis ini hanya terjadi sekali seumur hidup. Para ilmuwan bisa mengamati asteroid dengan jarak yang lebih dekat.

Ilmuwan Richard Binzel dari Massachusetts Institute of Technology juga menyatakan bahwa asteroid 99942 Apophis bisa dilihat mata telanjang. Diperkirakan sekitar 2 juta orang bisa melihatnya saat melintasi bumi. (R9/HR-Online)