Bantuan Gempa di Ciamis Tak Kunjung Cair, Apdesi Pamarican Ontrog BNPB

bantuan gempa di Ciamis
Ketua Apdesi Kecamatan Pamarican, Haiz Azka. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Tidak adanya kepastian kapan turunnya bantuan untuk korban gempa tahun 2017, sejumlah kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Indonesia atau Apdesi Kecamatan Pamarican mendatangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (29/7/2019) kemarin.  

Para kepala desa tersebut mempertanyakan  kepastian kucuran dana bantuan untuk korban gempa yang terjadi pada tahun 2017 silam.

Ketua Apdesi Kecamatan Pamarican, Haiz Azka, pihaknya sengaja datang ke Jakarta untuk mempertanyakan kepastian pemerintah untuk masalah penanggulangan korban bencana tahun 2017.

“Ya benar, kemarin kami bersama 9 kepala desa dari Kecamatan Pamarican pergi ke Jakarta untuk menemui BNPB, dimana kami selama di sana ingin mendapatkan kepastian akan bantuan korban gempa tahun 2017 lalu,” katanya kepada HR Online, Kamis (1/8/2019).

Hasil dari pertemuan tersebut, kata Azka, BNPB siap mengucurkan bantuan tersebut sesuai prosedur, intinya pihak BNPB menunggu proposal dari kabupaten sebagai bahan acuannya.

“Mudah-mudahan saja tahun ini ajuan kami bisa terealisasi,” terangnya.

Sebelumnya Apdesi Kecamatan Pamarican telah terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak BPBD dan Bupati Ciamis. Namun karena tidak bisa mendapatkan jawaban yang pasti, maka sejumlah kepala desa akhirnya sepakat untuk pergi ke Jakarta mendatangi BNPB.

“Kami melakukan hal ini lantaran banyaknya desakan dari warga korban bencana, sehingga kami memutuskan untuk pergi menghadap ke Jakarta, agar hal ini bisa mendapatkan solusinya,” katanya.

Azka menambahkan, sebelum berangkat ke Jakarta, sudah ada tanda-tanda korban bencana akan menemui Bupati Ciamis. Pihaknya kemudian sepakat untuk mengantisipasi hal tersebut dengan pergi langsung menemui BNPB di Jakarta.

“Untuk mengantisipasi gejolak, kami bersama anggota Apdesi Kecamatan Pamarican sepakat untuk melangkah demi terciptanya kondusifitas di daerah. Insyaallah dari hasil pertemuan kemarin, katanya akan ada program Rumah Rekontruksi (RR), yang mudah-mudahan bisa cair di tahun sekarang,” ujarnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Berita Terkait Bantuan Gempa 2017 di Ciamis:

2 Tahun Rumah Hancur, Korban Gempa di Ciamis Tak Kunjung Dapat Bantuan

Tak Kunjung Diperbaiki Pasca Gempa Tasik, Rumah Warga Ciamis Ini Ambruk

Bantuan Gempa 2017 di Ciamis Tak Kunjung Cair, Ini Kata Wagub Jabar

Loading...