Banyak Kades Habis Masa Jabatan, Camat Banjarsari Ciamis mulai Lantik PJS

Camat Banjarsari
Camat Banjarsari, Dedi Mudyana melantik PJS Kepala Desa Sukasari, Iyon Zain Trio Mulyono, di di Kebun Wisata Wiradadaha, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Rabu (21/8/2019). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pelaksanaan Pilkades serentak tinggal menghitung hari, masa jabatan sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pun sudah banyak yang habis. Mengatasi hal tersebut, Camat Banjarsari mulai melantik satu per satu PJS Kepala Desa, hari ini, Rabu (21/8/2019).

Seperti halnya PJS Kepala Desa Sukasari, Iyon Zain Trio Mulyono yang dilantik Camat Banjarsari, Dedy Mudyana. Iyon menggantikan Kepala Desa Sukasari definitive, Kusmana, sudah habis masa jabatannya.

Pelantikan yang dilaksanakan di Kebun Wisata Wiradadaha, Desa Sukasari tersebut disaksikan oleh jajaran Muspika Kecamatan Banjarsari, BPD, serta para tokoh masyarakat Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari.

Dalam sambutannya. Camat Banjarsari. Dedy Mudyana mengatakan, setidaknya ada 10 kepala desa di Kecamatan Banjarsari yang akan segera habis masa jabatannya. Kesepuluh desa tersebut akan segera melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada tahun 2020 mendatang.

“Ada 10 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada tahun 2020 mendatang. Kesepuluh desa tersebut yang paling awal habis masa jabatannya adalah Desa Sukasari, dan masih ada desa Banjarsari, Desa Cibadak, Desa Ciherang, Desa Cicapar, Desa Kawasen, Desa Ratawangi, Desa Sindanghayu, Desa Purwasari dan Desa Sindangasih,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dedy juga menegaskan tentang tugas PJS Kepala Desa yakni mengantarkan pelaksanaan Pilkades serentak sampai kepala desa definitif dilantik. 

“Insya Allah untuk pelaksanaan Pilkades serentak akan dilaksanakan pada bulan Mei 2020, untuk mengisi kekosongan maka akan dilakukan pengangkatan PJS yang akan kita isi dari ASN yang ada di Kecamatan. Bisa juga oleh ASN struktural lainnya,” terangnya.

Dedi juga menjelaskan, walaupun masih ada 10 desa yang membutuhkan Pjs Kepala Desa, namun pihaknya hanya membutuhkan 7 orang lagi, lantaran Desa Ciherang dan Sindangasih mungkin tidak perlu diisi oleh PJS.

“Kedua desa ini habis masa baktinya sangat berdekatan dengan pelaksanaan Pilkades serentak, sehingga nanti kita akan angkat PLH saja,” jelasnya.

Pantauan HR Online di lapangan, pelantikan PJS Kepala Desa Sukasari terbilang unik. panitia pelaksana kegiatan melakukannya di tempat terbuka yaitu salah satu ikon wisata Wiradadaha yang pada rencananya akan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata terbuka.

Selain itu, pentas seni yang ada di daerah Desa Sukasari pun ikut dipentaskan setelah prosesi pelantikan selesai. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...