Begini Cara Bakar Sate Agar Tidak Keras, Dijamin Jadi Lezat

cara bakar sate
Cara bakar sate agar tidak keras, dijamin jadi lezat. Foto: Net/Ist

Cara bakar sate agar tidak kering sangatlah mudah. Anda akan membutuhkan tips cara bakar sate ini saat hari raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban baik kambing maupun sapi.

Setelah hewan kurban disembelih, biasanya masyarakat menghidangkan berbagai masakan berbahan daging sapi atau kambing.

Hidangan yang paling familiar saat perayaan Idul Adha adalah sate. Baik sate kambing maupun sate sapi, tentu bakal lebih nikmat jika dibakar sendiri.

Namun terkadang membakar sate dilakukan secara asal-asalan, akibatnya sate jadi keras bahkan kering. Terkadang bumbunya pun tidak meresap dengan betul.

Ada banyak faktor yang membuat sate kambing maupun sate sapi jadi keras dan kering sehingga tak bisa dinikmati. Diantaranya, karena pemilihan bagian daging kambing yang salah.

Selain itu bisa juga lantaran daging kambing atau sapi tidak dilayukan terlebih dahulu. Ada juga karena terburu-buru ingin menyantap sate pada Hari Raya Kurban, akhirnya tidak dimasak dengan bahan yang bisa membuat daging empuk pada saat proses pengolahannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, untuk menghasilkan sate yang tidak keras, berikut cara bakar sate yang dijamin bakal menghasilkan sate yang lezat:

Setelah daging dipotong-potong sebaiknya jangan langsung dibakar, namun balur dulu dengan bumbu, agar daging tidak terasa hambar. Jangan lupa sertakan juga bahan pengempuk daging.

Anda bisa menggunakan bahan yang mudah didapat sebagai bahan pengempuk daging, seperti misalnya, baking powder.

Penggunaan baking powder ini bergungsi  untuk membuat daging yang akan disate lebih lembut dan tentu saja tidak keras.

Setelah Anda membalur daging dengan bumbu dan baking powder, Anda juga bisa membungkus daging dengan daun papaya ataupun nanas yang sudah diparut terlebih dahulu.

Setelah itu, masukkan daging ke dalam lemari es terlebih dahulu, lalu biarkan beberapa saat sampai bumbu meresap sempurna.

Untuk membuat sate yang tidak keras dan kering, jika Anda ingin membakar daging kamping maka pilihlah daging yang  berasal dari paha atas bagian belakang, atau daging has dalam.

Selain itu, tambahkan potongan lemak di antara potongan daging kambing ketika menusuknya.

Ini bertujuan agar sate jadi lembap akibat lemak yang menetes pada daging sekitarnya, ketika proses pembakaran. Selanjutnya Anda bisa membakarnya dengan pengapian arang sampai sate benar-benar matang.

Nah itulah cara bakar sate agar dagingnya tidak keras dan kering, dijamin akan jadi lebih nikmat untuk disantap. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...