Begini Komentar ISEI Soal Kegiatan KPU Ciamis di Luar Daerah

Aziz Basari

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sekaligus Akademisi Universitas Galuh (Unigal), Moch. Aziz Basari, S.Sos,.MM., turut memberikan komentar terkait penyelenggaraan kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak yang diselenggarakan KPU Ciamis di luar daerah.

Aziz menuturkan, dari sudut ekonomi banyak dampak positif yang akan terjadi ketika pelaksanaan kegiatan seperti yang dilakukan KPU Ciamis diselenggarakan di daerah. Menurut dia, secara tidak langsung pelaksanaan kegiatan tersebut berpotensi menjadi sumber perekonomian bagi daerah.   

“Kegiatan seperti itu juga memberikan kesempatan atau peluang bagi pelaku usaha (catering, sewa tempat, dsb),” kata Wakil Ketua ISEI.

Diakui Aziz, kegiatan serupa yang diselenggarakan KPU Ciamis memiliki potensi besar dalam mendongkrak perekonomian daerah. Pasalnya, banyak orang yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain peserta dan penyelenggara, ada orang lain yang turut mendapatkan manfaat, salah satunya yakni para pelaku usaha.  

Apalagi, kata Aziz, banyak agenda atau kegiatan KPU Ciamis yang melibatkan banyak orang. Menurutnya, diperlukan pertimbangan agar pengelolaan kegiatan serupa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU  Ciamis menggelar kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak tahun 2019 di wilayah Kota Tasikmalaya. Acara dihadiri perwakilan Partai Politik, Bawaslu dan unsur Forkopimda.

Pelaksanaan kegiatan KPU Ciamis di luar kota tersebut kemudian menjadi perhatian banyak pihak. Beberapa pihak menyayangkan keputusan KPU Ciamis yang terkesan sengaja melaksanakan kegiatan di luar wilayah kerja. (Fahmi/R4/HR-Online)