Benarkah Terlalu Lama Menatap Layar Komputer atau HP Bikin Buta?

menatap layar komputer terlalu lama
Menatap Layar Komputer Terlalu Lama Benarkah Bikin Buta? Foto: Net/Ist

Terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Diantaranya ada yang menyebut terlalu sering menatap layar komputer atau HP bisa bikin buta, benarkah demikian?

Selain disebut bisa bikin buta, ada juga yang juga yang menyebut berlama-lama menatap layar komputer meningkatkan peluang obesitas atau kegemukan.

Sejumlah penelitian menunjukkan, masalah penglihatan rentan terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan terlalu lama menatap layar komputer maupun HP.

Bahkan dilaporkan, kondisi penglihatan seseorang yang terlalu lama duduk di depan komputer menjadi menurun sehingga terpaksa harus menemui dokter.

Beberapa fakta menunjukkan, saat Anda menatap layar komputer, ada cahaya ultraviolet yang masuk ke dalam mata.

Dilansir HR Online dari Medical Daily, menyebutkan, hal tersebut sesungguhnya tidak terlalu bahaya dan tidak bisa menimbulkan kebutaan.

Namun, bukan berarti berlama-lama menatap layar komputer sepenuhnya aman, lantaran masih ada risiko lain yang bisa saja muncul ketika Anda terlalu asyik di depan komputer.

Misalnya, mata Anda bisa saja lelah karena cahaya dari layar komputer. Bahkan ada yang disebut sindrom penglihtan komputer yang umum ditemui di sejumlah orang. Gejalanya, mata kering, berair, mata lelah yang diikuti pandangan buram serta sakit kepala.

Namun, jangan khawatir, karena masalah tersebut umumnya hanya datang sementara dan cepat menghilang.

Selain itu, dampak yang bisa timbul lainnya adalah sakit kepala saat menatap layar komputer atau HP, Anda bisa berhenti terlebih dahulu dari pekerjaan Anda untuk menghilangkannya. Bisa juga memejamkan mata sejenak atau sekitar 10 menit.

Baca Juga: Sering Bekerja Depan Komputer, Anda Wajib Coba 6 Tips Sehat Ini!

Jika masih terasa sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi obat dan tidur siang terlebih dahulu untuk menyembuhkannya.

Biasanya rasa sakit kepala saat menatap layar komputer ini bisa muncul saat Anda bekerja di depan komputer selama 2 jam. Hal ini tentu sangat menganggu, apalagi jika Anda terbiasa bekerja satu hari penuh di depan komputer.

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di University of Iowa, menunjukkan, munculnya masalah kesehatan seperti sakit kepala ini, karena mata jarang berkedip ketika menatap komputer. Akibatnya mata jadi kering, lantaran berkedip merupakan cara mata untuk membersihkan diri dan membasahinya.

Dampak selanjutnya ketika mata Anda kering adalah Anda bakal sering melakukan kesalahan. Huruf yang Anda lihat jadi tidak jelas, akibatnya pekerjaan pun menjali lebih berat dan mata semakin cepat lelah.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda hanya perlu beristirahat sejenak. Lakukan teknik 20-20-20 untuk membuat mata tetap terjaga, yakni 20 detik memejamkan mata, 20 detik buka mata, dan 20 detik memejamkan mata kembali, begitu seterusnya.

Cara lainnya Anda bisa beristirahat selama 15 menit setiap 2 jam bekerja. Cara-cara tersebut dapat membuat penglihatan Anda tetap terjaga dan tanpa masalah lebih lanjut. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...