BMW X5 Protection VR6 Tampil Sangar Anti Bom dan Peluru

BMW X5 Protection VR6
Penampakan Mobil BMW X5 Protection VR6. Foto: Istimewa

BMW X5 Protection VR6 meluncur dengan desain anti peluru dan juga ledakan bom. Sepintas memang tidak ada perbedaan yang signifikan dengan model BMW yang sebelumnya.

Tetapi material yang diaplikasikan serta komponennya bisa menahan penetrasi peluru 7.62×39mm dari AK-47. Bahkan juga ledakan bom TNT 15 kg dengan jarak sejauh 4 meter.

Agar bisa mewujudkan kemampuan tersebut, BMW telah menyematkan panel baja dengan kekuatan tinggi. Panel baja disematkan bagian pintu, atap, rangka samping dan juga dinding pembatas ruang mesin dan kabin.

Selanjutnya ada juga bahan aluminium pada bagian underbody dan juga area bagasi. Kaca dari semua sisi punya ketebalan 30 mm.

Kaca tersebut kuat menangkis tembakan pistol. Apalagi didukung dengan lapisan polikarbonat agar bisa melindungi penumpang dari pecahan kaca.

Pabrikan mobil asal Jerman ini memberikan paket tambahan di dalam meningkatkan proteksi. Salah satunya yaitu dengan pelapis bagian bawah mobil atau atap. Pelapis ini bisa menahan ledakan C4 dengan besaran 200 gram.

Untuk memastikan mobil ini bisa berjalan, BMW X5 Protection VR6 telah memasang ban 20 inci dan diperkuat pada dindingnya.

Mobil ini dapat melaju walaupun rodanya bocor. Kemudian tangki bahan bakarnya dilapisi dengan pelindung khusus dan bisa menyembuhkan diri jika ditusuk.

BMW X5 Protection VR6 Spesifikasi yang Melindungi

BMW memberikan statement resmi bahwasanya seri ini diciptakan guna memberikan perlindungan individual. Khususnya bagi konsumen yang punya resiko berhadapan dengan kekerasan, aksi kriminal, sampai dengan penculikan.

Pihak BMW juga menambahkan kondisi ini sering ditemukan di beberapa daerah seperti Afrika, Amerika Selatan atau Rusia. Untuk memperoleh sertifikasi VR6, maka pihak BMW banyak mengubah bagian SUV yang mendapat julukan The Boss ini.

Pertama untuk material kompartemen penumpangnya diperkuat. Sehingga dapat meredam serangan dari bahan peledak atau senjata api.

Disamping itu, mobil ini juga dibekali perisai dengan bahan aluminium yang berada dibawah bodinya. Partisi yang ada di dalam kabin dan bagasi juga dibuat dengan lebih kuat.

Kacanya menggunakan multi layer safety glass. Sementara itu untuk celah pintu dan juga sambungan body mobil diperkuat menggunakan plat besi. Paduan ini membuat penumpang aman di dalam mobil meski diberondong oleh senapan api.

Tak berhenti sampai disitu, BMW X5 Protection VR6 ini dilengkapi teknologi Post Blast Protective yang menjaga kaca berada pada posisi aslinya. Meski terkena ledakan TNT tim dengan skala 15 kg. Juga ledakan granat tangan dengan kode DM51 dan HG85 juga dapat diredam baik.

Fitur lain yang berada pada mobil ini adalah Post Crash Function ini membuat mesin dan suplai energi dapat digunakan segera pindah dari lokasi konflik.

Mesin BMW X5

Di dalam mobil ini intercom dipasang agar dapat mengizinkan penumpang yang ada di dalam berkomunikasi pada lingkungan luar tanpa harus membahayakan diri.

Mobil dengan kapasitas 4 orang ini dilengkapi tombol alarm otomatis yang bisa menutup jendela, mengunci pintu, menyalakan lampu darurat serta menciptakan suara lantang.

BMW X5 Protection VR6 ini didukung dengan jantung mekanis 4,4 liter dengan konfigurasi V8 dan twin turbo. Ini dapat menghasilkan daya 522 Tk di 5.500-6.000 rpm. Juga momen puntir sebesar 750 Nm muncul sejak 1.800 rpm hingga 4.600 rpm.

Spesifikasi yang dihadirkan ini membuat mobil BMW X5 ini melesat dari posisi 0 ke 100 kpj di dalam 5,9 detik. Kecepatannya dibatasi pada 210 km/jam.

Sistem suspensi nya di stel ulang supaya bisa mengimbangi beban ekstra. Mobil ini tetap lincah melaju, terlebih lagi memiliki active roll stabilization yang mendukungnya.

Pengendalian ketika mundur ditopang dengan kamera belakang dan juga surround view. Termasuk juga fungsi remote 3D yang ditampilkan secara langsung pada smartphone penggunanya.

Meskipun perangkatnya mumpuni seperti kendaraan tempur, tapi kenyamanan dan juga kemewahan mobil ini tetap bisa anda dapatkan.

Interiornya dilapisi dengan material kulit dan disematkan panel instrument digital. Memiliki layar control 12,3 inci dan BMW intelligent personal assistant serta dilengkapi dengan BMW connecteddrive.

BMW intelligent personal assistant berguna sebagai fitur perintah suara yang dapat mengaktifkan berbagai macam fungsi kendaraan. Meskipun mobil ini sudah diperkenalkan namun sayang harga jualnya belum dipublikasikan. Kemungkinan besar harganya bisa mencapai jutaan dolar.

Kelebihan BMW X5 Protection VR6

Berbagai macam kelebihan ditawarkan mobil BMW X5 VR6 ini. Seperti dijelaskan sebelumnya, mobil ini anti peluru dan juga anti ledakan.

Di bagian interior mobil ini memiliki 4 kursi yang sama. Tetapi penumpang kursi belakang memperoleh perlindungan lewat partisi kompartemen bagasi berlapis baja.

Bila terjadi tabrakan mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem manajemen mesin pasca bencana. Teknologi ini berguna supaya mesin tidak mati sementara waktu dan semua sistem dapat berfungsi. Dengan demikian penumpang yang ada di dalam mobil punya waktu menyelamatkan diri.

Saat ini BMW X5 Protection VR6 memasuki produksi di pabrik Spartanburg yang ada di Amerika Serikat. Dengan spesifikasi secanggih ini, mobil ini diperkirakan terbatas untuk konsumen VVIP. (R9/HR-Online)