Bolehkah Berkurban dengan Sapi Betina? Ini Jawaban Ulama Kota Banjar

berkurban dengan sapi betina
Sapi, salah satu hewan yang bisa dikurbankan pada Idul Adha. Foto: Net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Salah satu pertanyaan yang sering mengemuka saat menjelang Hari Raya Idul Adha adalah pertanyaan terkait syarat hewan yang boleh dijadikan sebagai hewan kurban. Salah satunya adalah pertanyaan boleh tidaknya berkurban dengan sapi betina ataupun hewan ternak lainnya berjenis kelamin betina.

Drs. Ali Ahyar, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, menerangkan syarat hewan kurban salah satunya adalah jika inin berkurban dengan kambing, maka usia kambing harus sudah berusia dua tahun.

“Jika kambing itu masih berusia satu tahun juga bisa jadi hewan kurban, asalkan gigi serinya sudah tanggal atau lepas satu,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika berkurban dengan sapi, maka sapi itu harus sudah cukup umur, yakni berusia 4 tahun.

“Dan yang terpenting adalah hewan kurban tersebut tidak cacat,” katanya.

Ketika ditanya boleh tidaknya berkurban dengan hewan ternak berjenis kelamin betina, Ahyar mengatakan berkurban dengan hewan ternak betina itu diperbolehkan.

“Pertanyaan itu sudah sering ditanyakan pada Batsul Masail (pembahasan  masalah) dan jawabannya adalah boleh. Namun ada persyaratan khusus tentang pembolehannya itu,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kiai Ahmad Matori. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Langensari, Kota Banjar ini mengatakan, dibolehkan berkurban dengan hewan ternak berjenis kelamin betina.

“Iya boleh, asalkan hewan betina tersebut tidak sedang mengandung, misalnya berkurban dengan sapi betina, asalkan yang ma’jir, artinya tidak memiliki keturunan,” pungkasnya.

Hari Raya Idul Adha sendiri pada tahun ini jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. Bagi Anda yang berniat melaksanakan ibadah kurban, disarankan untuk membeli hewan kurban yang sesuai dengan kriteria hewan kurban menurut syari’at. (Sugeng/R7/HR-Online)

Loading...