Buah Terbaik untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Besar

mengecilkan pori-pori wajah
Ilustrasi mengecilkan pori-pori wajah. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tak sedikit wanita yang merasa terkejut dan berusaha mengecilkan pori-pori wajah yang tiba-tiba membesar. Bahkan banyak diantara mereka yang shok sehingga harus menjauh dari pergaulan.

Pori-pori wajah yang membesar tak jarang membuat kita merasa minder dan tak percaya diri. Bahkan tak sedikit perempuan yang lebih rela mengurung diri di rumah sebelum wajahnya kembali normal.

Masalah pori-pori seakan melengkapi begitu banyaknya hal yang mesti dilakukan wanita dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Dari soal jerawat, komedo, penggunaan kosmetik, penuaan dini, dan lainnya.

Selain mengurangi kecantikan, ternyata pori-pori yang membesar merupakan tanda adanya suatu gangguan kesehatan. Tubuh memberikan reaksi melalui pori-pori terhadap sejumlah kondisi yang dialami tubuh.

Fungsi Utama Pori-pori Tubuh

Pori-pori pada wajah maupun tubuh tak hanya untuk ‘bernafas’ namun ada banyak fungsinya untuk kesehatan. Dengan pori-pori inilah tubuh menyerap oksigen dari udara yang bersih di sekitarnya.

Melalui pori ini pula kulit mendapatkan asupan nutrisi dari bahan yang digosokkan ke tubuh. Bahkan tak sedikit herbal yang lebih efektif ‘dikonsumsi’ dengan digosokkan pada kulit ketimbang diminum melalui mulut.

Fungsi pori-pori yang tak kalah pentingnya adalah untuk membuang keringat dan kotoran dari dalam tubuh. Melalui lubang-lubang berukuran kecil ini berbagai sampah hasil pembakaran dan metabolisme tubuh bisa dibuang.

Keringat, minyak, dan kotoran lainnya akan lebih mudah dikeluarkan melalui pori tubuh. Bahkan dalam menjalankan fungsinya untuk membuang kotoran, pori tak perlu membesarkan lubangnya.

Namun sebaliknya, jika pori-pori tampak membesar sebaiknya anda perlu waspada. Hal ini karena biasanya adanya gangguan yang sedang terjadi pada tubuh anda. Jika dibiarkan, gangguan ini bisa menimbulkan penyakit.

Penyebab Pori-pori Wajah Menjadi Besar

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab pori-pori wajah menjadi besar. Asal tahu saja, membesarnya pori-pori wajah bukanlah disebabkan pemakaian make up yang selama ini banyak diperkirakan orang.

Pori-pori wajah yang besar juga berisiko masuknya debu dan polutan. Karena itu penting untuk segera mengecilkan pro-pori wajah dan membuat wajah menjadi lebih sehat dan cantik.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan pori-pori wajah membesar.

1.Ada Kotoran yang Tersumbat

Pori-pori wajah akan membesar saat terdapat kotoran tidak bisa dibuang akibat tersumbat di dalamnya. Akumulasi kotoran di wajah yang tak segera dihilangkan umumnya menjadi biang masalah ini.

2.Faktor Jerawat

Wajah yang sedang berjerawat juga bisa menyebabkan pori menjadi besar. Apalagi jika anda suka memencetnya, bisa-bisa justru menyebabkan radang dan merusak kulit wajah.

Terlebih saat memencet jerawat kondisi tangan kotor, ini bisa terakumulasi dan makin memperparah kondisi. Karena itu sebaiknya hindari memencet jerawat. Lakukan perawatan segera untuk mengatasinya.

3.Tanda Penuaan Dini

Jika usia anda tergolong muda dan pori-pori membesar sebaiknya waspadai. Bisa jadi ini merupakan tanda penuaan dini. Rendahnya produksi kolagen tubuh akan membuat kulit mengendur yang mendorong pori-pori membesar.

Bahan Alami Terbaik untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Untuk mengecilkan pori-pori wajah sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipilih.

Manfaat Putih Telur dan Madu

Bagian putih telur memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Begitu pun dengan madu. Perpaduan kedua bahan alami ini ternyata sangat mujarab untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk melakukannya tinggal mencampurkan putih telur dan madu lalu oleskan pada wajah seperti masker. Biarkan sekitar 20 menit agar meresap. Setelah itu baru cuci wajah hingga bersih.

Buah Pisang dan Susu

Buah pisang dan susu sapi jga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Dengan mencampurkan kedua bahan ini sebagai masker juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Buah Pepaya dan Tomat

Buah pepaya selain kaya vitamin A ternyata nutrisi juga baik untuk kesehatan kulit. Begitu pun buah tomat. Dengan membuat masker hasil blenderan kedua buah ini pada wajah efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan juga beberapa buah terbaik untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Semoga bermanfaat. (R8/HR-Online)