Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban
Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban. Foto : Jujang/ HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengajak masyarakat untuk memaknai momentum Hari Raya Kurban ini dengan kerja keras, pengorbanan dan ketulusan.

“Adanya kerelaan dan ketulusan, menyisihkan harta, mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran. Mari kita ambil hikmahnya adanya kemauan dan berkorban. Termasuk dengan berjihad untuk memajukan dan menyejahterakan Kabupaten Ciamis yang kita cintai ini,” kata Herdiat dalam sambutan Shalat Idul Adha di Alun-Alun Ciamis, Minggu (11/08/2019) pagi. 

Herdiat menuturkan, Idul Adha yang dirayakan setiap tahun bukan sekadar ritual rutinitas semata. Namun harus memotivasi serta menginspirasi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam proses pembangunan.

“Momen (Hari Raya Kurban) ini tak hanya menjadi kesalehan individual, tapi merupakan kesalehan sosial yang diwujudkan dalam ibadah kurban,” katanya.

Menurut Herdiat, banyak hambatan dan rintangan yang dihadapi dalam kehidupan merupakan cambuk untuk meningkatkan kualitas diri. 

“Tentu ikhtiar kita untuk membangun Ciamis, meski belum mencapai cita-cita luhur, tapi kita telah mencoba berusaha dengan tekad dan kesungguhan,” jelasnya. 

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban

Pengalihan Arus Lalin

Sementara itu pantauan HR Online di lapangan, ribuan umat Islam warga Kabupaten Ciamis melaksanakan Salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Minggu (11/8/2019). 

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan para pejabat Ciamis ikut melaksanakan salat Idul Adha di lokasi tersebut.

Ribuan warga khususnya wilayah perkotaan Ciamis dan sekitarnya sengaja datang ke kawasan Alun-alun Ciamis. Tepatnya di depan halaman masjid Agung Ciamis.

Saking penuhnya, warga melaksanakan salat hingga ke badan jalan nasional III yakni jalan Jendral Sudirman dan jalan Ir H Juanda. 

Sehingga Petugas Dishub dan Satlantas Polres Ciamis mengalihkan arus lalu lintas dari arah Tasikmalaya menuju Banjar ke jalan Siliwangi. Sedangkan dari arah Banjar menuju Tasikmalaya dialihkan menuju Terminal Ciamis. (Jujang/R4/HR-Online)