Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita PangandaranBupati Pangandaran Dorong Kualitas Bidan Meningkat

Bupati Pangandaran Dorong Kualitas Bidan Meningkat

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Pangandaran mendorong kualitas bidan yang ada di Pangandaran agar bisa meningkat, seperti bidang pendidikan yang masih Diploma 3 (D3) diupayakan meningkat menjadi sarjana atau strata 1 (S1).

Menurut Bupati H Jeje Wiradinata, sebagaimana tema kemerdekaan ke-74 RI ini, yakni SDM unggul Indonesia maju, pihaknya berharap SDM yang ada di Pangandaran mampu menghadapi era industri 4.0.

“Termasuk masalah bidan, di Pangandaran itu masih terbilang baru. Jadi kehadiran para bidan yang sudah berpengalaman di sini bisa memberikan  motivasi bagi yang ada di sini,” kata Jeje dalam HUT ke-68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di salah satu hotel di Pangandaran, Senin (26/8/2019).

Dorongan agar pendidikan para bidan bisa meningkat, kata Jeje, seiring dengan adanya RSUD Pangandaran yang mana akan beroperasi.

“Jadi kita ingin mereka (bidan, red) ke pelatihan-pelatihan dan pendidikan. Tentu saja ini agar SDM tenaga kesehatan yang ada di kita itu bisa lebih unggul,” pungkasnya.

Ketua IBI Provinsi Jabar, Mien Ratminah, standar kualitas pendidikan bidan saat ini sudah mulai ditingkatkan dari D3 menjadi S. Bahkan, untuk profesi harus S2 juga sudah ada.

“Kemudian untuk kompetensi dan pengetahuan, kami sudah punya yang namanya pendidikan berkelanjutan. Jadi setiap anggota IBI wajib mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar dan workshop agar anggota selalu update,” katanya.

Dalam HUT ke-68 IBI di Pangandaran yang diikuti sekitar 600 bidan, lanjut Mien, juga bertujuan mengevaluasi berbagai kegiatan organisasi IBI sebelumnya untuk acuan ke depannya. (Ntang/Koran HR)

- Advertisment -