Cara Mengatasi Galau Putus Cinta Paling Ampuh, Wajib Dicoba!

Cara Mengatasi Galau
Ilustrasi Galau. Foto: Istimewa

Cara mengatasi galau sering kali banyak dicari karena banyak yang menginginkan mendapat solusi dari kegalauan yang sedang dialaminya. Galau itu banyak penyebabnya, bisa jadi karena cinta bertepuk sebelah tangan. Bisa juga karena putus hubungan dengan pacar, atau masalah lainnya.

Pada kenyataannya memang tidak semua manusia tetap tegar saat mendapati cintanya bertepuk sebelah tangan. Kegagalan mendapatkan pasangan bisa membuat setiap orang yang sedang mengalaminya merasakan galau.

Namun anda harus ingat, dunia itu tidak selebar daun kelor. Masih banyak berbagai pilihan lain yang bisa membuat hidup anda bahagia.

Baca juga: Putus Cinta, Pelaku Bunuh Diri di Ciamis Sempat Pamitan via Status WA

Oleh sebab itu, cara mengatasi galau ini bisa jadi solusi dari masalah yang sedang melanda.

7 Cara Mengatasi Galau Berkepanjangan

bila saat ini anda sedang dilanda perasaan galau, maka kami akan bagikan solusi jitu dan ampuh untuk mengatasi semuanya.

Mau tahu bagaimana cara mengatasi galau dengan mudah? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Selalu Berpikir Positif

Stay Positive and Keep Calm. Sesedih apapun anda saat ini dan segalau apapun perasaan anda, tetaplah berpikir positif.

Saat anda berpikir positif, anda tentu tidak akan mudah untuk larut di dalam kesedihan yang dapat berujung pada jiwa yang hampa.

2. Jangan Salahkan Diri Anda

Sebaiknya jangan sampai anda menyalahkan diri anda sendiri. Anda tak perlu beranggapan bahwa andalah yang menjadi penyebab gagalnya mendapatkan apa yang anda inginkan.

Bisa jadi memang ada seseorang yang lebih baik yang lebih menyayangi anda. Buka pikiran anda sepositif mungkin dan ambil hikmah dibalik semua yang anda alami.

3. Dengarkan Musik

Setiap orang punya caranya sendiri untuk bisa menghilangkan rasa galau di hati. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Mendengarkan musik bisa jadi cara mengatasi galau yang cukup ampuh. Akan tetapi anda harus ingat, bahwa musik bisa mempengaruhi suasana hati.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda jangan memilih mendengarkan musik mellow saat perasaan sedang kalut. Anda bisa mendengarkan musik yang bisa membuat anda lebih bersemangat.

Bila anda adalah orang yang suka bernyanyi, maka keluarkan suara anda. Ini cukup untuk membuat perasaan anda sedikit lega. Beban yang mengganjal di hati akan terlepas, dan anda pun akan semakin tenang.

4. Jangan Biarkan Perasaan Menguasai Pikiran Anda

Pikiran anda akan cenderung rasional, sedangkan perasaan tentu saja akan lebih irasional. Oleh sebab itu, jangan sampai perasaan anda yang sedang galau dan sedih menguasai pikiran dan juga akal sehat anda.

Ketika perasaan anda mampu menguasai pikiran, anda pasti akan cenderung merasa kesulitan untuk memakai akal sehat.

Kondisi kejiwaan anda yang sedang goyah bisa semakin kacau. Bila hal ini terus menerus dimainkan oleh perasaan anda sendiri, maka kekacauan dan kegalauan akan semakin besar. Padahal, bila anda mau menjalaninya, masih ada esok yang lebih baik.

5. Perbanyak Sharing dan Bergaul

Ini bisa menjadi cara mengatasi galau yang kuat dan ampuh. Saat anda sharing tentang perasaan dan masalah yang anda alami, maka anda bisa saling bertukar pendapat.

Meski pada dasarnya seseorang yang sedang galau itu hanya ingin didengar, tetapi dengan sharing dan bergaul, maka anda bisa mendapatkan zona nyaman.

Meski mungkin saat anda sendiri, rasa galau itu muncul kembali, tapi paling tidak anda tidak akan terlarut di dalam permasalahan dan perasaan yang kacau.

Sekaranglah waktunya bagi anda untuk membuka pikiran anda. Teman anda bukan hanya dapat menemani, tetapi juga bisa meminta saran dan pendapat kepada teman-teman untuk mencari solusi terbaik dari masalah anda.

6. Menangis Saja Bila Memang Perlu

Anda bisa mengungkapkan kesedihan anda, jangan hanya disimpan. Bila memang harus menangis, menangislah.

Sebab menangis bisa membuat beban dan juga kesedihan anda yang mengganjal di hati bisa lebih ringan.

Anda tak perlu berpura-pura kuat dalam menahan kesedihan. Padahal anda sebenarnya terlalu rapuh.

Oleh sebab itu, menangis bisa menjadi cara mengatasi galau yang cukup efektif. Biarkan saja bantal yang ada di kamar anda basah oleh air mata.

Menahan perasaan sedih itu tidak ada gunanya. Justru ini bisa membuat anda semakin merasa galau dan makin tertekan.

7. Lakukan Hobi yang Anda Suka

Anda pastinya punya hobi atau kegiatan favorit. Anda bisa melakukan semua hal itu untuk bisa mengusir rasa galau di hati.

Anda dapat melakukan hobi anda sekaligus untuk meredam perasaan hati yang sedang galau.

Misalnya bila anda suka menulis atau melukis. Anda dapat melakukan hal tersebut, maka sedikit demi sedikit, perasaan galau bisa hilang dan terobati.

Anda tak akan lagi merasakan galau setelahnya. Anda juga bisa memiliki karya dari perasaan galau yang sedang dirasakan.

Memanfaatkan berbagai cara mengatasi galau dengan hal positif bisa membuahkan hal yang bermanfaat. Bahkan terkadang bisa menjadi keberuntungan bagi anda. (R9/HR-Online)