Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen Langsung pada Sumbernya

Cara menghilangkan bau ketiak secara permanen
Ilustrasi Cara menghilangkan bau ketiak. Foto: Istimewa

Cara menghilangkan bau ketiak ternyata sangat mudah. Namun agar hasilnya efektif dan permanen, ada baiknya anda mengenal sumber penyebabnya.

Selama ini banyak orang yang menganggap jika bau ketiak muncul akibat keringat yang menempel. Keringat ini bisa karena gerakan tubuh atau saat olahraga.

Dengan anggapan ini banyak orang yang berusaha menghilangkan bau ketiak dengan menghapus keringat di ketiak. Cara lain adalah dengan menjaga atau membatasi gerak tubuh biar tidak berkeringat.

Asal tahu saja, cara ini bukanlah langkah yang benar. Apalagi keringat dihasilkan secara alami justru untuk menjaga kesehatan tubuh.

Suhu tubuh akan berubah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan maupun karena pengaruh perubahan dari lingkungan. Gerakan atau aktivitas fisik seperti olah raga juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

Nah, saat suhu meningkat inilah tubuh akan melakukan respon alami dengan mengeluarkan keringat. Keringat merupakan mekanisme tubuh untuk menurunkan dan mengontrol suhu yang meningkat.

Selain itu tubuh juga akan meningkat suhunya saat terserang penyakit. Karena itulah setelah minum obat, maka akan muncul keringat sebagai repon untuk menurunkan panas tubuh.

Yuk Kenali Penyebab Bau Ketiak

Tubuh tersusun atas ribuan kelenjar yang masing-masing menjalankan fungsinya dengan baik. Begitu pun pada lapisan kulit terdapat kelenjar keringat yang selama ini justru sering dianggap sebagai sumber bau keringat.

Keringat yang keluar dari bagian tubuh yang terbuka dihasilkan oleh kelenjar ekrin. Keringat jenis ini berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang olahraga atau karena pengaruh cuaca panas.

Sedangkan keringat  yang muncul pada lipatan ketiak dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Keringat apokrin ini diproduksi terutama ketika tubuh tengah mengalami tekanan atau sedang stress.

Begitulah mekanisme tubuh menghasilkan keringat. Berkeringat merupakan hal yang alami dan terjadi pada semua orang.

Namun ketika tubuh menghasilkan keringat secara berlebihan atau timbul pada saat yang tidak logis, bisa jadi anda sedang terganggu kesehatannya.

Para penderita penyakit kelenjar tiroid atau yang mengalami sindrom karsinoid umumnya akan mengeluarkan atau memproduksi keringat secara berlebihan. Dalam istilah medisnya disebut hiperhidrosis.

Tentang timbulnya bau keringat, penyebab kelainan ini bukanlah karena keringat yang ada. Bau busuk dari ketiak timbul saat keringat yang ada telah disusupi kuman atau bakteri.

Ulah bakteri yang mengubah keringat menjadi asam inilah yang membuat timbulnya bau busuk.

3 Langkah Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Secara Alami dan Cepat

Setelah mengetahui faktor penyebab bau ketiak, langkah untuk mengatasi akan menjadi lebih muda.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau ketiak permanen secara alami dan cepat yang sebaiknya anda tahu.

1. Segera Keringkan Keringat pada Ketiak

Mengeringkan keringat dengan segera juga merupakan cara menghilangkan bau ketiak yang efektif. Dengan cara ini bakteri tak akan bisa menempel dan mengurai keringat di ketiak.

Karena itu sebaiknya saat tubuh atau ketiak berkeringat, jangan biarkan terlalu lama. Segera keringkan dengan handuk kecil atau sapu tangan yang bahannya halus.

2. Gunakan Sabun Antibakteri Saat Mandi

Cara menghilangkan bau ketiak lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan sabun antibakteri saat mandi. Gunakan sabun ini di bagian ketiak atau bagian lipatan tubuh lainnya, termasuk lipatan jari kaki.

Selain itu, mandilah secara teratur dan rutin setidaknya dua kali sehari. Mandi pagi berguna untuk membersihkan tubuh akibat keringat yang timbul saat tidur.

Sedangkan mandi sore berguna untuk membersihkan kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh setelah beraktivitas kerja.

3. Kenakan Pakaian Berbahan yang Berkualitas

Cara cepat mencegah timbulnya bau keringat adalah dengan mempercepat penguapan keringat. Hal ini untuk mencegah bakteri tidak segera datang dan mengurai keringat yang ada.

Nah, cara menghilangkan bau ketiak adalah dengan mengenakan pakaian yang bahannya berkualitas. Bahan seperti katun lebih mudah menyerap keringat.

Sebaliknya, pakaian dengan bahan nilon, polyester, atau yang sejenisnya sebaiknya dihindari. Bahan pakaian yang buruk ini justru membuat sirkuliasi udara dalam tubuh terganggu. Ini justru akan memancing bakteri.

Demikianlah informasi tentang penyebab bau badan beserta cara menghilangkan bau ketiak permanen secara alami dan cepat serta mudah. (R8/HR-Online)