Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Murah dan Bahannya Mudah Didapat

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alam
Cara Mengobati Asam Urat Secara Alam dengan buah-buahani, Wajib Dicoba! Photo: Net/Ist.

Cara mengobati asam urat secara alami sebenarnya lebih efektif ketimbang mengkonsumsi obat kimia.

Selain khasiatnya lebih bagus, juga lebih mudah didapatkannya. Di samping itu lebih murah dibanding pergi ke dokter atau membeli obat kimia.

Berikut Ini Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cuka Apel

Selain digunakan sebagai bumbu masakan tertentu seperti salad, ternyata cuka apel juga efektif untuk mengurangi keluhan penyakit asam urat.

Rasa sakit itu akibat bengkak atau peradangan pada persendian. Cuka apel memiliki sifat anti inflamasi terhadap tubuh, serta kandungan asam asetat yang dapat bertransformasi menjadi zat alkali.

Zat ini mampu menghambat perkembangan asam urat di dalam tubuh. Minum 1 sendok cuka apel yang telah dicampur dengan madu dan air hangat.

Konsumsi setiap pagi hingga rasa sakit akibat asam urat yang Anda rasakan benar-benar mereda.

Pisang

Mengkonsumsi buah pisang juga ternyata salah satu cara mengobati asam urat secara alami.

Karena pisang mengandung potasium yang mampu membantu mengubah kristal asam urat menjadi cair.Dengan begitu, kristal penyebab asam urat dapat keluar dari dalam tubuh dengan mudah.

Caranya, makan setidaknya 2 buah pisang setiap hari untuk mengobati nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat.

Jahe

Sifat anti inflamasi yang dimiliki jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Jahe juga memiliki sifat analgesik. Oleh karena itu, ada dua cara mengobati asam urat dengan jahe yang dapat Anda terapkan.

Pertama, konsumsi jahe yang direndam dalam air panas selama kurang lebih 10 menit. Selain itu, bisa juga menggunakan jahe bubuk kurang lebih 2 sendok.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, minum air jahe tersebut sekitar 3 gelas setiap harinya.

Kedua, tempelkan jahe yang sudah digeprek ke bagian tubuh yang terasa sakit. Bisa juga menggunakan kain waslap yang telah direndam dengan air jahe hangat, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang mengalami sakit.

Lakukan cara kedua tersebut setiap hari selama 15 menit hingga 30 menit. Bila terjadi iritasi pada kulit, periksakan ke dokter.

Lemon

Lemon merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin C terbaik. Vitamin C merupakan zat antioksidan kuat yang dapat membantu menetralisir kelebihan kadar asam urat dalam tubuh.

Konsumsi lemon adalah salah satu cara untuk mengobati asam urat. Sumber makanan ini menjadi salah satu sumber makanan  yang mengandung vitamin C terbaik.

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita asam urat, peras setengah buah lemon, lalu campurkan dengan air hangat.

Nah, buat Anda yang menderita asam urat, tidak ada salahnya Anda mencoba cara alami tersebut, dan selalu menjaga pola hidup sehat.

Baking Soda

Selama ini baking soda dikenal sebagai bahan untuk membuat kue. Baking soda merupakan senyawa, bahan ini biasanya berbentuk serbuk dan gampang larut dalam air.

Baking soda mengandung alkaloid yang bersifat basa dan dapat dimanfaatkan sebagai obat penetral asam.

Untuk mengobati asam urat, larutkan baking soda ke dalam air, kemudian minum. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah sebelum tidur malam dan saat bangun tidur di pagi hari.

Hal ini disarankan karena pada waktu-waktu tersebut keadaan perut masih kosong, belum terisi oleh makanan.

Perlu diketahui, tidak dianjurkan minum campuran baking soda lebih dari 4 kali sehari. Konsumsi minuman tersebut hingga 2 minggu, kalau tidak ada perubahan lebih baik periksakan ke dokter.

Bagi yang usianya di atas 60 tahun jangan minum larutan ini lebih dari 3 kali sehari.

Karbon Aktif

Karbon aktif atau lebih dikenal dengan sebutan arang aktif ini bisa membantu mengobati penyakit asam urat. Karena, arang aktif dapat berfungsi secara baik untuk menyerap asam urat di dalam tubuh.

Karbon aktif atau arang aktif dapat ditemukan di sekitar rumah, bisa juga dibuat sendiri dengan mudah. Cara mengobati asam urat dengan menggunakan karbon aktif juga sangat mudah.

Cukup campurkan setengah bubuk arang dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, masukkan pasta arang ke dalam bak mandi, lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian masukkan bagian tubuh ke dalam air tersebut selama kurang lebih 30 menit.

Bunga Rosella

Jenis bunga ini memang dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya berkhasiat untuk mengobati asam urat.

Kandungan zat protein esensial serta vitamin C di dalam bunga rosella dapat membantu mengurangi sakit dan peradangan akibat asam urat.

Selain itu, bunga rosella juga mengandung arginina dan legnina yang mampu meremajakan sel di dalam tubuh.

Cara mengaplikasikannya, seduh bunga rosella kering dengan air panas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa tambahkan madu.

Daun Salam

Selama ini kita tahu daun salam biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Tapi ternyata daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Kandungan senyawa seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoid sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengobati asam urat, rebus 10 lembar daun salam dengan air sebanyak 700 cc dan tunggu menyusut sampai 200 cc. Selanjutnya, minum rebusan air daun salam selagi masih hangat.

Teh Jelatang

Jelatang merupakan salah satu tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat tradisional untuk membantu mengobati asam urat.

Namun, Anda harus hati-hati saat mencari tumbuhan yang satu ini. Karena kalau disentuh secara langsung akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Mengobati asam urat dengan menggunakan teh jelatang sangat mudah. Anda cukup merebus teh jelatang yang sudah kering.

Takarannya 1 sampai 2 sendok teh jelatang kering untuk setiap cangkirnya. Minumlah teh jelatang 3 gelas setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Garam Espsom

Garam ini berasal dari Espsom Inggris yang dihasilkan saat musim panas, jadi dinamakan garam Espsom.

Terapi menggunakan garam Espsom yang dicampur tanah liat tak berpori dengan kapur yang berpori bisa membantu Anda mengobati asam urat.

Kandungan magnesium sulfat dalam garam Espsom dapat masuk dengan cepat ke dalam sendi. Sehingga mampu meredakan peradangan dan rasa sakit akibat asam urat.

Selain itu, garam jenis ini juga bisa melembutkan kulit serta meredakan kulit gatal bila digunakan untuk berendam.

Banyak orang melakukan terapi asam urat dengan menggunakan garam Espsom untuk mandi atau berendam. Caranya, campurkan garam tersebut sebanyak 1 sampai 2 cangkir ke dalam bak mandi.

Lalu rendam seluruh tubuh di dalam bak atau hanya bagian tubuh yang terasa sakit yang direndamnya.

Kunyit

Cara mengobati asam urat secara tradisional berikutnya adalah dengan menggunakan kunyit.

Tanaman yang satu ini kaya akan kandungan kalium, memiliki anti inflamasi,dan anti oksidan yang baik bagi tubuh.

Dengan memiliki kandungan tersebut sehingga kunyit menjadi salah satu obat tradisional yang mampu mengobati penyakit asam urat.

Caranya, campurkan satu sendok makan kunyit bubuk dengan minyak zaitun. Kemudian oleskan ke bagian yang sakit. Setelah itu tutup dengan perban supaya cepat meresap.

Seledri

Seledri mengandung apiol, glikosida, apiin, flavonoid, fosfor, kalium, vitamin dan zat besi. Glikosida yang terkandung dalam seledri mampu mengobati rasa sakit serta peradangan yang diakibatkan oleh asam urat.

Bahkan, kandungan kalsium yang ada di dalam tanaman ini mampu membantu menguatkan tulang. Mengobati asam urat dengan seledri sebetulnya bisa menggunakan beberapa cara.

Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa diolah dulu. Bisa juga dengan cara meminum air rebusan seledri.

Caranya, rebus seikat daun seledri ke dalam 3 gelas air dan tunggu sampai air menyusut menjadi 1 gelas. Lalu, minum air rebusan seledri secara rutin.

Daun Sirsak

Jika diolah dengan cara yang benar, daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Asam urat adalah salah satu penyakit yang dapat diobati dengan ekstrak daun sirsak.

Bakteri dari saluran kemih dan asam urat dari darah akan hilang dengan ekstrak daun sirsak. Sehingga peradangan akibat asam urat pun bisa sembuh.

Cara mengobati asam urat menggunakan daun sirsak yaitu dengan mengolah daun sirsak menjadi minuman.

Ambil 10 lembar daun sirsak, kemudian rebus dengan 3 gelas air penuh.Bila air rebusannya tinggal 1/3 bagian, angkat lalu tiriskan sebelum diminum. Konsumsi minuman ini secara teratur agar Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Daun Sambiloto

Mungkin nama daun sambiloto cukup asing di telinga kita. Namun, daun ini bagus digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu menurunkan asam urat, sekaligus bermanfaat sebagai obat anti radang.

Cara membuat obat tradisional ini juga sangat mudah, yaitu dengan menggiling satu genggam daun sambiloto hingga setengah halus.

Rendam dengan air masak selama beberapa menit. Lalu saring untuk mengambil airnya dan minum secara teratur hingga asam urat yang Anda derita sembuh.

Daun Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek berasal dari Madagascar dan bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti Indonesia.

Daun ini mempunyai sifat astrigen, anti radang, dan anti bakteri yang mampu membantu mengobati asam urat. Caranya, seduh dengan air panas daun cocor bebek yang sebelumnya telah dikeringkan.

Sebelum diseduh, daun cocor bebek yang sudah kering harus digeprek atau ditumbuk terlebih dahulu. Sebagai pemanis bisa Anda tambahkan madu.

Berita Terkait
Hindari Ini untuk Cegah
Penyakit Asam Urat
Sering Nyeri
Sendi saat Malam? Hati-hati Gejala Asam Urat!

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Minum Obat

Selain pengobatan dengan bahan alami, sebenarnya ada juga cara pengobatan asam urat tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

Malah pengobatan dengan cara ini lebih manjur ketimbang mengkonsusmi obat. Karena metoda ini caranya dengan mengubah pola hidup dengan cara-cara sehat.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara alternative mengobati penyakit asam urat tanpa obat. Berikut ini tipsnya;

Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur, karena olahraga merupakan sumber dari kesehatan. Orang yang rajin berolahraga tidak akan gampang sakit. Memang sakit tak bisa dihindari.

Karena ada kalanya kekuatan tubuh seseorang dalam melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang.

Hal seperti ini yang menyebabkan seseorang jatuh sakit.Dengan melakukan olahraga yang cukup secara langsung bisa melatih otot dan kekebalan tubuh.

Tubuh pun akan selalu sehat dalam keadaan bugar, karena pederita asam urat pada umumnya jarang melakukan olahraga.

Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih adalah sumber penyakit. Pasalnya, lemak yang menumpuk di bawah lapisan kulit akan mengundang banyak penyakit berdatangan.

Apakah Anda sudah tahu cara mengukur berat badan yang seimbang? Kalau belum, sebaiknya Anda pelajari cara mengukurnya.

Hal itu penting karena cara mengobati asam urat yang paling mudah adalah dengan mengontrol berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, tak ada salahnya Anda melakukan diet. Selama melakukan diet, penumpukan zat purin sedikitnya akan berkurang.

Begitu juga zat asam dalam darah akan turun, sehingga penyakit asam urat yang Anda derita akan berangsur hilang.

Perbanyak Minum Air Putih

Perlu diketahui bahwa tubuh kita terdiri dari 70 persen air. Oleh karena itu, air menjadi hal penting yang harus dijaga asupannya.

Sebab, kurang minum air putih tidak hanya mengakibatkan dehidrasi. Tapi berdampak pula pada hal lainnya. Seperti buruknya sistem pencernaan dan massa otot, sistem pencernaan, dan sebagainya.

Sebab, kurang minum air putih tidak hanya mengakibatkan dehidrasi, tapi berdampak pula pada hal lainnya. Seperti buruknya sistem pencernaan dan massa otot, sistem pencernaan, dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi banyak air putih maka tubuh pun akan banyak melakukan penyegaran, contohnya dalam darah. Kadar purin yang tertumpuk akan berangsur hilang.

Jika aliran darah dalam tubuh kita lancar, maka secara tidak langsung pembuangan segala kotoran dalam darah juga akan ikut lancar. Selain itu, kandungan asam urat berlebih juga bakal berkurang.

Pantau Kadar Asam Urat

Mengobati asam urat cukup mudah, yaitu dengan cara selalu memantau kadar asam urat. Kalau Anda tidak ingin kadar asam urat kambuh lagi, salah satu caranya dengan mengontrol asam urat secara intens.

Saat ini sudah banyak alat yang tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda menjaga kadar asam urat dalam darah.

Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk memiliki satu alat pemantau kadar asam urat. Alat tersebut sangat berguna

Karena Anda tidak akan menyadari atau bahkan tidak tahu makanan apa saja yang menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Jadi, bagi Anda yang memiliki penyakit ini, gunakan alat tersebut. Setidaknya satu minggu sekali supaya gejala asam urat tidak kembali muncul.

Air Dingin

Cara mengobati asam urat berikutnya adalah dengan menggunakan air dingin. Air dingin bisa meringankan gejala nyeri yang Anda rasakan.

Bila rasa ngilu itu datang di daerah persendian, segera hentikan aktivitas Anda dan kompres bagian yang sakit menggunakan air dingin.

Penderita Asam Urat jangan Konsumsi Makanan Ini

Asam urat terasa akibat penumpukkan asam urat sebagai hasil dari penguraian zat purin yang terdapat di dalam sel-sel tubuh.

Bila asam urat yang dibuang jumlahnya lebih kecil dibanding dengan jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun.

Selanjutnya membentuk kristal tajam pada persendian. Kondisi ini yang menimbulkan peradangan terasa sangat sakit.

Faktor penyebab asam urat yang umum salah satunya berasal dari makanan tinggi zat purin.

Dikutip dari boldsky.com, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk penderita asam urat;

Makanan Berbahan Tepung

Makanan olahan berbahan tepung, terutama putih yang biasa dikonsumsi tidak mengandung banyak nutrisi sehat.

Bahkan, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu munculnya peradangan.

Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 6

Asupan asam lemak omega 6 penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi, jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Ada beberapa makanan tinggi asam lemak omega 6 yang perlu dikonsumsi secara bijak, contohnya minyak jagung, minyak bunga matahri, dan mayones.

Makanan Manis

Selain dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, konsumsi makanan manis secara berlebih juga bisa meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam akan memperburuk asam urat hingga penyakit autoimun, seperti halnya rematik, multiple sclerosis, dan psoriasis.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng jelas mengandung lemak jenuh yang akan meningkatkan peradangan di dalam tubuh, serta memperburuk asam urat.

Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara dimasak berlebih, dipanggang atau dibakar akan menghasilkan toksin atau racun tertentu.

Toksin inilah yang bisa memicu peradangan di dalam tubuh.

Produk Olahan Susu

Bagi beberapa orang yang menderita asam urat, susu dan produk olahannya bisa menyebabkan peradangan sekaligus memperburuk penyakitnya tersebut.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat secara alami. Obat alami itupun mudah didapatkannya dan secara tidak sadar kita sering mengkonsumsinya.

Hanya, kita belum mengetahui bahwa buah-buahan itu berkhasiat dalam cara mengobati asam urat.

(R2/HR-Online)