Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari, Mudah dan Aman

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari, Mudah dan Aman

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari sangat mudah. Fingerprint atau sidik jari kini disebut sebagai teknologi pengunci smartphone paling aman untuk mencegah HP Anda dibuka oleh orang tak bertanggung jawab. Hal ini lantaran, sidik jari setiap orang tidaklah sama.

Maka, dapat dibayangkan, bagi Anda yang kerap jengkel karena obrolan Anda di WhatsApp ada yang membuka tanpa seizin Anda, kini dengan sensor sidik jari pada WhatsApp, tidak akan lagi ada yang bisa menerobos privasi Anda tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci WhatsApp dengan sidik jari. Berikut penjelasannya:

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari Pakai Versi Beta

Bagi Anda pengguna HP android, Anda bisa mengupgrade ke versi WhatsApp beta 2.19.221. Selanjutnya sebagai pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan pengaman aplikasi dengan teknologi sidik jari, tentu sebelumnya Anda harus mengoperasikannya pada smartphone yang memiliki fitur sidik jari.

Apabila Anda menginstall aplikasi WhatsApp beta, maka pengaman sidik jari dapat diaktifkan pada bagian setting, pilih Account, kemudian Privacy.

Setelah itu pada bagian bawah Privacy akan terlihat pilihan baru ‘Fingerprint lock’, pilih turn on ‘Unlock with fingerprint’, anda  memiliki opsi dengan mengaktifkannya pada feature. Selanjutnya konfirmasi dengan cara menyentuh sensor sidik jari.

Jika sudah mengonfirmasinya, atur waktu untuk mengunci aplikasi Anda, bisa 1 menit atau 30 menit, setelah anda mengetahurnya, maka aplikasi WhatsApps secara otomatis akan terkunci setelah 1 menit atau 30 menit.

Karena itu, pastikan Anda tidak memiliki masalah dengan kemampuan sensor sidik jari pada smartphone Anda. Karena apabila diaktifkan, maka WhatsApp di smartphone Anda hanya bisa dibuka oleh pemilik sidik jari, yakni hanya oleh Anda sendiri.

Hati-hati apabila tangan basah atau kotor, hal ini akan menyebabkan sidik jari Anda tidak bisa dibaca pada beberapa jenis smartphone tertentu.  

Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari AppLock-Fingerprint

Selain dengan mengunduh WhatsApp versi berta, Anda juga bisa menggunakan sidik jari untuk mengunci WhatsApp dengan cara mengunduh terlebih dahulu aplikasi smartphone AppLock-Fingerprint. Jangan khawatir aplikasi ini tersedia gratis di Play Store.  

Selanjutnya setelah selesai menginstall aplikasi ini, buka aplikasi dan buatlah Master PIN. Gunanya untuk mengantisipasi apabila suatu saat Anda tidak bisa menggunakan sidik jari. Lalu Anda tinggal klik ‘yes’ pada kolom pertanyaan.

Kemudian Anda klik tanda + (plus) yang tepat ada di bawah. Selanjutnya cari aplikasi WhatsApp dan klik lagi tanda + (plus) yang ada di bawahnya.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka Anda juga bisa mengunci aplikasi lainnya dengan sidik jari. Caranya tinggal ulangi cara di atas ketika Anda mengaktifkan pengunci sidik jari pada aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya, akan terlihat notifikasi, dan yang Anda lakukan hanya tinggal klik ‘ok’. Anda akan diarahkan ke ‘Usage Acces’, carilah aplikasi ‘AppLock-Fingerprint’ tinggal klik ‘on’ untuk mengaktifkannya.

Selesai. Kini WhatsApp Anda dan aplikasi lainnya yang Anda tambahkan hanya bisa dibuka dengan sidik jari Anda.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari pada Ponsel Tertentu

Beberapa ponsel mendukung fitur pengunci WhatsApp dengan sidik jari, diantaranya adalah  iPhone 8 ke bawah.

Sebelum mengaktifkan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus memperbaharui aplikasi WhatsApp dalam versi terbaru. Jadi Anda yang menggunakan perangkat iOS bisa memperbarui WhatsApp ke versi 2.19.20.19 melalui App Store.

Baca Juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Wajah dan Sidik Jari

Pembaharuan WhatsApp versi 2.19.20.19 ini berukuran 137,7MB dan sesuai dengan model iPhone yang menjalankan iOS 8.0 atau yang lebih tinggi.

Cara mengunci WhatsApp sidik jari ini, pertama yang harus Anda lakukan setelah memperbarui aplikasi adalah mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini di menu Privacy WhatsApp.

Anda cukup mengakses menu Settings (pengaturan), terus Anda pilih Account (akun), dan terakhir Anda pilih Privacy (privasi).

Pada laman Privacy, Anda tinggal pilih menu Screen Lock atau Kunci Layar. Pada tampilan Screen Lock Anda akan disodori pilihan untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, tergantung fitur yang ada di perangkat yang Anda gunakan.

Selanjutnya Anda aktifkan toggle Require Face ID atau Require Touch ID. Itulah cara mengunci WhatsApp menggunakan wajah dan sidik jari.

Anda juga bisa mengatur jangka waktu untuk mengunci aplikasi WhatsApp secara otomatis. Jangka waktunya penguncian WhatsApp ini bisa diatur mulai dari Immediately, artinya aplikasi WhatsApp akan terkunci saat Anda meninggalkan WhatsApp sampai waktu 1 jam.

Untuk membukanya kembali, Anda harus melakukan pemindaian Touch ID (sidik jari). Jika pemindaian gagal saat Anda ingin membuka aplikasi WhatsApp sidik jari, Anda harus memasukkan Passcode iPhone Anda.

Nah, itulah cara mengunci WhatsApp dengan menggunakan sidik jari, cukup mudah dan tentunya akan lebih aman untuk melindungi privasi obrolan Anda di aplikasi WhatsApp. (Ndu/R7/HR-Online)