Begini Cara Turunkan Kolesterol Setelah Makan Daging di Hari Raya Kurban

Cara Turunkan Kolesterol
Cara turunkan kolesterol setelah makan daging di Hari Raya Kurban. Foto: Net/Ist

Cara turunkan kolesterol bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Cara menurunkan kolesterol secara alami ini tak perlu mahal, selain itu, solusi ini juga merupakan cara menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan kimia.

Daging kambing diyakini bisa menaikkan kolesterol. Apalagi saat Hari Raya Kurban tiba, daging kambing biasanya tersedia melimpah. Sebaiknya Anda menyimak artikel berikut untuk tahu bagaimana cara turunkan kolesterol setelah makan daging di Hari Raya Idul Adha.

Sebelum membahas cara mengatasi kolesterol, ada baiknya Anda juga mengetahui berbagai hal terkait kolesterol.

Tidak Semua Kolesterol ‘Jahat’ dan Berdampak Negatif Pada Tubuh

Ada jenis kolesterol yang ada dalam tubuh, yakni, kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Koleterol LDL merupakan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh, biasa juga disebut kolesterol jahat. Sementara kolesterol HDL berfungsi untuk melarutkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Kolesterol yang terbentuk di dalam hati ini dimiliki oleh semua orang di dalam tubuhnya, selain itu kolesterol juga penting untuk tubuh, asalkan memenuhi batas normal, yaitu 160-200 mg. Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa tidak semua kolesterol itu memiliki dampak negative terhadap tubuh.

Namun, jika kolesterol dalam darah melebihi batas normal, inilah yang berbahaya bagi tubuh Anda. Selain itu, jika kadar kolesterol tinggi maka bisa memicu penyakit dan bisa menyumbat aliran darah. Karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Salah satu pemicu kolesterol tinggi adalah penumpukan lemak di dalam tubuh akibat mengonsumsi berbagai macam makanan berlemak, seperti gorengan, susu, dan salah satunya adalah daging kambing yang Anda santap saat Hari Raya Idul Adha.

Saat kolesterol LDL (Kolesterol jahat) tingga kadarnya di dalam darah, hal ini bisa menimbulkan penyumbatan aliran darah. Timbunan kolesterol ini tentunya akan mengganggu aliran darah menuju jantung. Hal inilah nantinya yang berakibat timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Tidak Semua Orang Bertubuh Besar Mengidap Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi tidak selalu dialami oleh mereka yang bertubuh gemuk ataupun penderita obesitas. Terkadang orang dengan tubuh kurus pun memiliki kolesterol tinggi akibat konsumsi makanan berlemak.

Karena itu sangat penting untuk mengetahui cara turunkan kolesterol tinggi bagi Anda yang bertubuh gemuk maupun bertubuh kurus, karena kolesterol tinggi nyatanya tidak berkaitan dengan berat badan.

Cara Turunkan Kolesterol Tinggi Dengan Bahan Alami yang Mudah Didapat

Cara turunkan kolesterol sebenarnya bisa juga dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun alangkah baiknya jika memulai dari cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi, yakni dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar Anda.

Baca Juga: Makan Rambutan Cara Manis Turunkan Kadar Kolesterol

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis kayak Flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Antioksidan ini melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas, termasuk molekul yang dapat merusak sel-sel sehat.

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat bisa dengan air perasan jeruk nipis. Anda cukup memeras jeruk nipis dan mencampurkannya dengan air hangat. Lalu minum setiap pagi hari saat bangun tidur, lakukan kebiasaan ini juga sebelum tidur supaya kolesteror jahat berkurang. 

Minum Jus Anggur

Anggur juga menganduk flavonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anda bisa meminum jus anggur ini minimal sekali dalam satu hari. Lakukan secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Minum Jambu merah

Jambu merah memiliki kandungan yang berguna untuk tubuh, seperti anti-oksidan, Vitamin A, vitamin C, Vutamin B3, Vitamin B6, Kalium dan fitonutrein. Hal ini berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi. Anda bisa mengonsumsinya langsung ataupun bisa juga dijus terlebih dahulu.

Alpukat

Alpukat mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik, sekaligus bisa menurunkan kadar LDL. Alpukat mengandung beta-sitosterol yang mampu mengurangi kuantitas kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Jika Anda suka bisa mengonsumsinya langsung, jika tidak maka bisa dijus, tapi pastikan tanpa gula ya.

Bawang Putih

Ada yang tidak suka dengan bau bawang putih. Namun salah satu manfaatnya bawang putih ini merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol dengan cepat, selain itu bisa mencegah pembekuan darah, turunkan tekanan darah, serta mampu melindungi tubuh dari infeksi. Salah satu yang paling penting adalah, bawang putih bisa mencegah kolesterol menempel di dinding arteri.

Makan Apel

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan serat. Selain itu apel juga mengandung zat pektin yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan makan apel satu butir per hari dapat memperlambat oksidasi kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Karena ada kandungan polifenol pada kulit apel ini maka makan apel merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

Teh Hijau

Sama seperti bahan alami lain yang mampu menurunkan kolesterol tinggi, teh hijau juga mengandung antioksidan. Selain itu dengan meminum teh hijau membuat tubuh rileks dan hangat.  Sebuah penelitian bahkan menunjukkan the hijau berdampak terhadap penurunan kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Minum Jus Jeruk

Minum dua gelas jus jeruk bisa jadi solusi menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan jus terjuk juga mampu menormalkan kolesterol dan menyehatkan aliran darah.  

Madu

Walaupun madu manis, namun madu juga dapat menurunkan kolesterol pada tubuh. Bahkan madu yang Anda konsumsi bisa menyerang homocysteine, salah satu asam amino yang cukup berbahaya karena bisa menambahkan risiko penyakit pada pembuluh darah dan jantung.

Itulah berbagai makanan yang bisa dikonsumsi saat Iduladha. Makanan tersebut bisa mengurangi kolesterol tinggi. Selain itu, hindari makanan berlemak dan pilih makanan sehat, terlebih juga biasakan berolahraga agar kolesterol jahat tidak naik walau makan daging kambing saat Idul Adha.

Karena itu, selain mengonsumsi makanan di atas, pastikan gaya hidup Anda sehat sebagai salah satu cara turunkan kolesterol. (Ndu/R7/HR-Online)